Yunninta Dorong Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Dengan Buku Tabungan PKH



Selasa, 13 Agustus 2019 - 06:54:55 WIB



JAMBERITA.COM- Wakil Ketua DPRD Batanghari Hj. Yunninta Asmara, berharap penyerahan Buku Tabungan Program Keluarga Harapan (PKH) dapat mendorong keberdayaan ekonomi warga miskin di Batanghari. Hal ini disampaikannya dalam acara penyerahan Buku Tabungan PKH yang dilakukan oleh Bupati Batanghari Syahirsah kepada masyarakat se kabupaten Batanghari (12/8) kemarin.

"PKH merupakan program pemberian bantuan dari kementerian sosial, tujuan mengurangi kemiskinan dengan akhir memutus kemiskinan dengan mengubah pola pikir masyarakat untuk masyarakat sekitar dimulai dengan berkebun dan mengolah hasil kebun dengan inovasi-inovasi baru sehingga memiliki nilai jual yang lebih, ungkapnya.

Jumlah penerima PKH di Batanghari hasil mapping tahun 2018 sebanyak 1.142 orang. Para penerima ini menurut Yunninta Asmara telah mengalami validasi data yang objektif, sehingga ketepatan sasaran dari PKH di Batanghari lebih akurat.

Dalam kesempatan itu Bupati Batanghari Syahirsah mengaku pemerintahnya sangat konsen untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batanghari.

"Dana ini diharapkan bisa merangsang peningkatan kehidupan masyarakat secara lebih baik, bukan hanya sebatas sandang, pangan dan papan, tetapi juga bisa meraih pendidikan dan kesehatan yang lebih baik,” imbuh Bupati dua periode ini.

Seperti di bidang pendidikan pemerintah Batanghari telah mengalokasikan dana beasiswa untuk warga miskin, sedangkan pada bidang kesehatan, pemkab Batanghari juga telah mengeluarkan Kartu Batanghari Sehat (KBS) bekerja sama dengan BPJS, sehingga semua masyarakat miskin dijamin kesehatannya.

Dalam kaitan untuk memperlancar program kesehatan ini pemerintah kabupaten Batanghari juga telah memfasilitasi para pendamping kesehatan dengan sepeda motor, sehingga mereka bisa lebih mudah dalam menjalankan tugas sehari - hari.

Dalam acara yang dipusatkan pada kantor kecamatan Bulian tersebut Syahirsah mengatakan PKH bertujuan memberi bantuan kepada masyarakat miskin. "Tetapi kita semua tidak miskin, pergunakan dana bantuan yang diberikan dengan baik, sesuai dengan kebutuhan dan Iringi setiap usaha yang dilakukan dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah dan hanya meminta kepada-Nya," katanya.

Sehingga menurut pria asal Tembesi ini adanya bantuan ini, perekonomian masyarakat dapat terbantu, dan dengan bimbingan pendamping PKH masyarakat dapat memaksimalkan penggunaan lahan kosong dan sumber perekoniam lainnya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.(*/sm)












loading...








TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

Jumat, 06/12/2019 16:34:40