Figur Ulama Mencuat di Pilgub dan Pilbup, Ini Kata Pengamat Soal Peluang Menangnya



Kamis, 11 Juli 2019 - 18:59:17 WIB



JAMBERITA.COM - Pilkada serentak di Jambi kali ini banyak bermunculan nama-nama potensial yang maju. Kalangan ulama sendiri juga banyak yang disebut-sebut punya kans untuk dilirik.

Sebut saja Ustadz Mubarok, pimpinan pondok di Sebrang Kota Jambi ini didorong untuk maju untuk Pemilihan Guberur Jambi. Juga ada Abdullah Sani yang notabene pernah menjadi Wakil Walikota Jambi. Dua orang ini disebut akan memiliki kekuatan untuk meraup masa pada Pilgub mendatang.

Di Pilbup juga ada muncul figur ulama yang juga punya kekuatan untuk maju, seperti Anwar Sadat dan M. Amin. Mereka disebut-sebut punya basis massa riil untuk Tanjab Barat.

Pengamat Politik, Dori Efendi, mengatakan, perilaku memilih masyarakat Jambi itu secara kultural itu 'melee attitude' (Perilaku melayu).  "Namun tergantung kredibel tidak nama yang muncul, karena Jambi sangat tidak meletakkan azas keagamaan untuk memilih," katanya ketika dikonfirmasi Jamberita.com, Kamis (11/7/2019).

Memang beberapa daerah bisa menjadi basis massa bagi mereka ketika tokoh ini dimajukan. Dimana memang memiliki kedekatan kultural.

Hanya saja, masyarakat jambi malah lebih cenderung melihat bagaimana kepemimpinan, visi misi yang dibuat oleh calon tersebut. Untuk meraup massa sendiri memang ada, tetapi tidak bisa disandingkan dengan KH. Ma'ruf Amin ketika pilpres. "Ditambah juga ulama besar di Jambi sepertinya tidak ada yang ingin terjebak dalam politik," sebut Akademisi Universitas Jambi ini.

Lulusan Doktoral luar negeri ini menyebutkan memang agama pada kondisinya memang jadi komoditas politik untuk mendulang massa. Tetapi untuk jambi identitas agama tidak terlalu diperhatikan. Jambi politiknya adalah barat dan timur. "Ditambah memang jambi adalah mayoritas muslim. Jadi tidak akan berpengaruh besar. Adapun menggerus massa tetapi tidak akan besar," ujarnya.

Untuk Posisi KH Maruf amin sendiri di Pilpres beberapa waktu lalu erat kaitannya dengan Nadhlatul Ulama (NU). NU seperti yang kita semua tahu memiliki basis yang besar dan kecenderungan mengikuti fatwa sesepuh. Jika NU tidak padu, citra organisasi pasti rusak. Ditambah lagi Muhammadiyah yang juga ikut mendukung, meskipun memang terpecah. "Masalahnya adalah NU dan Muhammadiyah di Jambi memang ada dan besar, tetapi masalahnya tidak terlalu mengakar di masyarakat. Berbeda dengan kondisi Pilpres waktu itu," tukasnya. (am)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi