Survei LKPR Jelang Pilgub Jambi, HBA Dominan, Fachrori dan Fasha Mengekor



Selasa, 11 Juni 2019 - 16:26:19 WIB



JAMBERITA.COM - Lembaga Kajian Politik Regional (LKPR) kembali melakukan survei terkait pemilihan  gubernur Provinsi Jambi 2020.

Dalam survei yang bertajuk peta Elektoral menjelang Pilkada Serentak Provinsi Jambi 2020 tersebut LKPR menjabarkan siapa-siapa calon gubernur Jambi terkuat saat ini.

Berbicara di Jambi Zahyudi Maulana Direktur Riset LKPR mengatakan survei Pilgub Jambi yang dilakukan LKPR ini dirilis Senin (10/6/19). Survei ini dilakukan pada 17  Mei - 27  Mei 2019 lalu dengan menggunakan metode multi stage random sampling. Responden survei dipilih secara acak dengan jumlah 1.240. Para responden diwawancarai langsung dengan tatap muka. Margin of error survei sebesar 4,8 persen.

Menurutnya dalam berbagai simulasi, mulai dari 14 nama bakal calon hingga head to head, nama mantan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) elektabilitasnya unggul jauh dari calon lain yang keterpilihannya di bawah 10 persen, dalam survei LKPR kali ini Elektabilitas HBA berada di atas 40, 17 persen.

"Dalam 14 calon, misalnya, HBA kokoh di posisi 40, 17 persen. Begitu juga pada simulasi 7 calon, HBA konsisten unggul dengan 45,0 persen dan (simulasi) 5 calon unggul 47,3 persen," ujar pria yang lama menekuni riset politik tersebut.

Mengenai hasil survei ini Yudi mengatakan relatif tidak banyak perubahan Elektabilitas HBA dari dua Pilgub Jambi tahun 2010 dan 2015 yang lalu, dimana hal ini memperlihatkan basis elektoral HBA masih kokoh, pendukungnya relatip terpelihara bahkan cenderung bertambah.

" Survei kita memperlihatkan Peta Elektoral HBA relatip tidak banyak berubah dari 2010 dan 2014 yang lalu, bahkan di beberapa karakteristik pada beberapa wilayah elektabilitas HBA cenderung bertambah, ungkapnya. "

Selanjutnya survei LKPR ini juga menyebut ada beberapa nama calon lawan potensial HBA di Pilgub Jambi 2020. Nama-nama tersebut mulai dari Fachrori Umar Gubernur Petahana, Sy Fasha Walikota Jambi, A Safri Jaya Bakri Walikota Sungai penuh, Bupati Sarolangun Cek Endra, hingga Kapolda Jambi Irjen. Pol. Muchlis.

Yang menarik dari survei tersebut ialah head to head antara Fachori Umar dan Sy Fasha. Dua nama yang memiliki elektabilitas cukup tinggi setelah HBA, ternyata hanya memiliki satu atau dua daerah terkategori basis elektoral yang baik.

" Fasha elektabilitas nya mencapai 11.77 persen, tertinggi di kota Jambi yang mencapai 44.89 persen, sedangkan Fachrori Umar Elektabilitasnya 10, 5 persen, unggul di Bungo sebesar 42, 24 persen, sedangkan wilayah lain Elektabilitas dua tokoh ini masih dibawah 12 persen. "

"Kandidat lain seperti AJB 3,3 persen, Cek Endra 3,05 persen, Sukandar 4,9 persen, pak Muchlis 2.4 persen, ditambah calon lain yang berlatar belakang kepala daerah juga memiliki modal elektoral rata - rata 2 persen, jelasnya. "

Keunggulan Elektabilitas HBA dalam survei LKPR ini dapat karenakan tingkat keyakinan masyarakat akan kinerja beliau yang tinggi selama menjabat Gubernur periode 2010 - 2015 lalu. Terbukti kita bandingkan dengan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja HBA selama menjabat dengan petahana sekarang, 70 persen untuk HBA dan 55 untuk pemerintah yang sekarang.

" Tingginya Elektabilitas HBA ini lebih pada memori kolektif masyarakat akan kinerja beliau selama menjabat Gubernur periode 2010 - 2015 lalu, orang rindu sosok dan konsep beliau yang jelas dalam membangun," pungkasnya.(*/sm)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi