AA Dipolisikan, Komisi I: Aparat Hukum Tak Boleh Diam Periksa Pihak yang Diduga Terlibat



Kamis, 23 Mei 2019 - 11:14:04 WIB



JAMBERITA.COM - Kasus dugaan kecurangan pada penerimaan CPNS 2010 kini terus bergulir.
Teranyar, gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melaporkan soal maladministrasi, dugaan pemalsuan data penerimaan CPNS 2010 itu ke Mapolres Tanjab Barat.

Laporan yang melibatkan orang dekat Bupati Tanjabbar, inisial AA itu disampaikan ke Mapolres Tanjabbar, pada Rabu siang (22/5/2019).

Ketua LSM LAP2DP Tanjabbar, Mukhtar AB membenarkan bahwa dia bersama LSM Petisi melaporkan soal dugaan pemalsuan data yang melibatkan AA.

Dalam laporan tersebut, pihaknya melampirkan berkas yang menguatkan indikasi adanya pemalsuan data.

"Ya salah satunya surat pengumuman Bupati, foto kopi hasil seleksi bahan pada penerimaan CPNS 2010," beber Mukhtar AB, Kamis (23/5/2019).

Kapolres Tanjabbar AKBP ADG Sinaga S Ik melalui Kasat Reskrim IPTU Dian Purnomo S Ik MH dihubungi, mengatakan belum mengecek soal laporan tersebut.

"Nanti saya cek. Belum masuk ke ruangan saya. Mungkin masih di Polres," kata Iptu Dian.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi I DPRD Tanjab Barat, H M. Fadli mengaku prihatin. Dia mengatakan persoalan dugaan maladministrasi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Politisi senior ini mengatakan, jika ternyata sekarang ada masalah bisa saja diproses sesuai aturan yang berlaku.

"Kita tidak tau mekanisme bekerja di BKN seperti apa, dengan sekian banyak pelamar. Bisa saja tidak dikoreksi lagi apa usulan daerah itulah yang diproses. Semua bisa saja terjadi. Dan semua panitia waktu itu bisa saja diminta keterangan, apakah berkas itu sudah diperiksa secara benar atau tidak. Kan patut diduga ada usaha sistematis di situ,"ujar Fadli.

"Bisa saja tau, tapi pura pura tidak tau. Kalau untuk tujuan tertentu kan bisa segala upaya yang penting bisa lolos," imbuhnya.

Disinggung soal proses hukum, Fadli mengatakan kasus ini sangat bergantung pada ketegasan aparat penegak hukum.

Jika ternyata terdapat indikasi kecurangan dan perbuatan melawan hukum maka aparat hukum, kata Fadli, tidak boleh tinggal diam dan harus diproses.

Kata Fadli, semua harus transparan dan harus terbuka secara terang benderang, di mana benang merahnya. Kalau benang merah ada pada pansel, pansel dipanggil. Siapa saja yang jadi pansel waktu itu dipanggil, diminta keterangan mengapa bisa lolos.

"Kita kan tidak menuduh. Kita tetap harus berpegang pada azaz praduga tak bersalah. Biasanya administrasi sangat ketat. Kalau sekarang bisa lolos pertanyaan kita ada apa di situ," ujar politisi PKB tersebut.

"Zaman sekarang tidak ada yang bisa ditutup-tutupi. Jika ini bergulir ke penegak hukum. Tentunya penegak hukum harus cepat  antisipasi, proses, periksa pihak pihak terkait, terkait dugaan maladministrasi ini," pungkasnya.

Terpisah, Kepala BKPSDM Tanjabbar Encep Jarkasih kepada awak media mengaku siap menyuplai data jika memang dibutuhkan aparat penegak hukum.

"Tentu kita izin bupati juga, dan kita siap kalau memang data dan regulasi diperlukan," kata Encep. Sementara AA hingga berita ini dinaikan belum bisa dimintai keterangannya. (Henky)




Tagar:

# TANJABBARAT








loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi