Walikota Berharap Bisa Bersinergi Bersama Komisi Informasi



Rabu, 15 Mei 2019 - 06:04:07 WIB



JAMBERITA.COM- Suasana buka bersama Selasa (14/5) antara Walikota Jambi Syarif Fasha bersama Delegasi pertemuan Komisi Informasi di Bulan Ramadhan terlihat akrab dan santai. Banyak hal dan persoalan yang dibahas dalam obrolan santai sambil menikmati hidangan buka bersama.

Hadir langsung Ketua Pusat Komisi Informasi I Gede Narayana bersama pengurus Komisi Informasi Regional Jambi dan 10 Kabupaten/Kota Sesumatera. Suasana terlihat akrab dan sesekali para pengurus tak luput untuk foto dan selfie bersama Walikota Jambi. Ada juga yang memuji keberhasilan Walikota Jambi dengan perubahan wajah Kota Jambi dengan berkali kali mengatakan “Gubernur Jambi berikutnya, maju Gubernur pak”, lanjut pak Gubenur Jambi”.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengapresiasi Komisi Informasi dan berharap kedepan kedepan ada Rapat Nasional. “Harapan kami dengan silaturahim ini bisa terjalin dan bisa sinergitas dengan pemerintah daerah masing masing, dan jadi bahan masukan bagi Kota Jambi nanti, bagaimana sinergitas dengan Komisi Informasi," kata Fasha.

Komisi Informasi ini fokusnya bagaimana informasi yang seharusnya disampaikan ke publik benar-benar bisa dipublikasikan dan diketahui publik. Tetapi tidak semua harus dikonsumsi publik, karena ada batasan batasan juga.  "Komisi Informasi inilah yang menginformasikan dan menjelaskan bahwa ada batasan batasan yang harus diketahui oleh publik seperti rahasia negara dan lain sebagainya dan yang menyampaikannya adalah Komisi informasi bahwa kemauan publik ada batasan juga menurut undang undang," tambah Fasha.

Ketua Pusat Komisi Informasi I Gede Narayana saat di wawancara jamberita.com jamuan ini adalah suatu penghargaan bagi Komisi Informasi. Karena bisa diterima langsung dan dijamu dengan berbuka bersama. "Bentuk pertemuan ini adalah rembug membahas isu isu tranparansi dan akuntabilitaskarena mengacu kepada undang undang no 14 tahun 2008 itulah yang melahirkan lembaga yang disebut Komisi Informasi dan mudah-mudahan kedepan ada juga komisi informasi di level Kota Jambi, tergantung dari dari eksekutif dan legislatif, yang berarti dari Pemerintah Kota Jambi dan legislatifnya," jelasnya.

Adapun fungsi tugas adalah lahirnya undang undang keterbukaan informasi publik itu menyangkut 3 hal. Pertama hak asasi setiap orang untuk mendapatkan dan memperoleh informasi. Yang kedua adalah karena negara kita adalah negara demokrasi, informasi publik adalah keharusan dan yang yang ketiga adalah yang sudah disampaikan Walikota Jambi adalah tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih, itulah apa yang jadi rumusan pokok Komisi Informasi diseluruh Indonesia.

Adapun menyinggung masalah informasi publik yang disampaikan Walikota Jambi memang benar didalam keterbukaan informasi publik memang tidak semuanya bisa dibuka. Ada yang harus ditutup seperti keamanan negara, rahasia negara, rahasia pribadi dan lainnya. Jumlahnya ada  9 item. "Itulah tugas dan kewenangan dari Komisi Informasi publik ini dalam rangka mensosialisasikan mengedukasi badan publik dalam hal ini adalah pemkot, pemda, BUMD, badan publik dan lainnya. ujar I Gede Narayana.

Terkait Pertemuan Regional se-Sumatera ini rutin diadakan setiap tahun, membahas isu isu tentang sumber daya alam, pertanian, perkebunan dan lain lain. "Sekarang rembug Komisi Informasi sudah yang ke empat dan Kota Jambi menjadi tuan rumah dan Walikota Jambi dengan senang hati menerima, semoga kesuksesan selalu berada di Walikota Jambi," tambahnya.
Acara diakhiri foto bersama dan swafoto.(edz)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi