Realisasi Perhutanan Sosial di Jambi Baru 46,46 Persen



Sabtu, 06 April 2019 - 10:23:07 WIB



Apik Karyana
Apik Karyana

JAMBERITA.COM- Hingga tahun 2018, program Perhutanan Sosial yang menyasar Provinsi Jambi baru terealisasi sebesar 46,46 persen. Pemerintah sendiri menargetkan memberikan SKK seluas 392.730 hektar namun yang sudah diberikan baru 182.459,81 hektar. Dimana yang diberikan 377 unit skk untuk 29.064 KK.

Ini terungkap dalam Workshop dengan temaPengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) Sebagai Instrumen Pembangunan: Pengalaman FasilitasiMasyarakat di Dalam dan Sekitar Hutan pada Kamis (4/4/2019).

Staf Ahli Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),  Apik Karyana mengatakan secara bertahap pihaknya terus meningkat realisasi program perhutanan sosial. Ini untuk memberikan kepastian bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahtraan mereka lewat program ini.

Ada tujuan perhutana sosial adalah pemerataan  konomi dan mengurangi ketimpangan melalui tiga pilar lahan, kesempatan usaha dan Sumber daya Manusia. “Dimana didalamnya lembaga pengelola hutan desa, kelompok tani, masyarakat hukum adat dan lembaga masyarakat desa hutan,” katanya.

Apakah sudah ada manfaat langsung yang dirasakan penerima SKK perhutanan sosial ini? “Jelas. Pertama modal lahan. Ini tidak terhitung nilainya. Dalam usaha, lahan modal yang paling besar. Kedua, terhindar dari konflik lahan jelas ini juga tidak bisa dihitung uang,” katanya.

Selain itu jelas, manfaat ekonomi untuk peningkatan kesejahtraan masyarakat. Makanya, pemerintah juga tetap memberikan pendampingan dengan fasilitas penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BUMN, dan mendapatkan jaminan pemasaran untuk hasil produksinya. Termasuk dari CSR dan juga dari APBD Provinsi Jambi.

Ini tergantung dari rencana kerja usaha yang diajukan. Misalnya tanaman jangka pendek, jasa lingkungan, jabon, hasil hutan kayu dan sebagainya. (sm)









loading...