Atlet Peraih Emas Silat Asian Games Sugianto Ikut Program Pohon Asuh di Jambi



Sabtu, 06 April 2019 - 09:36:12 WIB



Rudi Syaf
Rudi Syaf

JAMBERITA.COM-  Program Pohon Asuh yang diinisiasi Komunitas Konservasi Indonesia Warung Informasi Konservasi  (KKI Warsi) terus mendapatkan dukungan. Selain kalangan seperti Daniel Mananta, seorang atlet peraih emas Asian Games Sugianto ikut dalam program ini.

Atlet Pencak silat ini mengasuh 15 pohon atas nama dirinya, istri dan anaknya. “Sebelumnya ada Astrid, Daniel Mananta dan sekarang atlet pencak silat peraih emas di Asian Games Sugianto,” kata Manajer Komunikasi KKI Warsi Rudi Syaf.

Ia mengatakan untuk satu pohon, seseorang bisa mendonasikan Rp200.000 per tahun. “Mereka yang tertarik memiliki pohon asuh, bisa membuka situs pohon asuh. Seseorang bisa memiliki pohon selama memberi donasi, dan bisa diperpanjang masa kepemilikannya,” kata Rudi.

Pohon asuh merupakan “reward” untuk masyarakat yang ingin berkontribusi pada persoalan lingkungan melalui mekanisme yang telah disepakati oleh masyarakat dan kelompok pengelola hutan berbasis masyarakat.

Secara garis besar masyarakat luas yang ingin berpartisipasi akan dianggap sebagai pengasuh dari pohon yang ada dalam hutan adat. Bentuk pengasuhan ini adalah sejumlah dana yang sudah ditetapkan kemudian diberikan kepada Kelompok Pengelola Hutan Adat/Desa/Nagari sebagai pengelola. 
 
Dana yang diterima ini kemudian akan dimanfaatkan diantaranya sebagai biaya operasional kelompok pengelola dalam mengelola hutan berbasis masyarakat atau pemanfaatan lain yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan kapasitas SDM masyarakat. “Biasanya diberikan dalam bentuk beasiswa bagi penduduk sekitar. Ada juga perbaikan palfon mesjid. Jadi dikembalikan ke masyarakat sekitar,” katanya.

Ini juga bagian dari reward bagi masyarakat untuk mendapatkan konpensasi langsung karena sudah menjaga hutan melalui program pohon asuh ini.

Sejauh ini memang pohon asuh masih dilakukan untuk pohon yang sudah besar. Karena pohon yang sudah besar orang lebih memiliki nilai ekonomis. Sehingga dengan adanya pohon asuh ini diharapkan bisa tetap menjaga pohon tersebut dengan memberikan reward ke masyarakat sekitar.(sm)

 

 

 

 

 












loading...








Abu Bakar Ditemukan Tak Bernyawa

Abu Bakar Ditemukan Tak Bernyawa

Jumat, 24/01/2020 13:12:45
H Mashuri Gerakan Subuh di Bungo Antoi

H Mashuri Gerakan Subuh di Bungo Antoi

Jumat, 24/01/2020 10:52:59