Personel Satgas TMMD Kodim 0417/Kerinci Coba Minuman Tradisional Kerinci



Jumat, 15 Maret 2019 - 19:11:22 WIB



JAMBERITA.COM, SUNGAIPENUH- Desa Sungai Ning terletak di sebuah dataran tinggi di atas bukit barisan dan di kota sungai penuh banyak di tanami oleh tumbuhan di bidang perkebuna terutama tanaman KopI.

Kopi selain diambil buahnya, namun di Kota Sungai penuh tanaman kopi juga di ambil daunya.

Daun Kawo yaitu tunas daun muda di tanaman kopi yang justru menjadi gulma. Dimana setiap desa memiliki penyebutan yang berbeda-berbeda.

Seperti di Desa Sungai Ning, yang menyebut serbuk kawo dengan ayik daun kawo.  

Masyarakat setempat mengumpulkan daun kawo bukan untuk dibuang, melainkan akan disulap menjadi minuman yang memiliki cita rasa yang khas. Di desa-desa, kawo masih menjadi hal yang tak terlupakan. Masyarakat melestarikan minuman tersebut dengan rutin mengadakan tradisi yang disebut  minum sebuk daun kawo.

Serda herman anggota satgas TMMD membantu pak suheri memetik daun kawo yg di jadikan bahan campuran air minum khas orang kerinci,
Untuk memetik daun Kawo bukanlah hal yang sembarangan di petik, daun Kawo yang dipetik adalah daun kopi yang muda atau tunas baru pada tanaman kopi

Daun Kawo setelah di petik langsung di susun di atas sebilah kayu untuk di Sangiran di atas tungku perapian sampai daun Kawo tersebut menjadi kering dan nantinya siapa untuk direndam dengan air hangat seperti membuat minuman teh biasanya

Minuman Kawa ini sangat bagus diminum pada pagi hari dan malam hari sebagai minuman penghangat badan yang disuguhi dengan ubi Rebus, sambil di minum dengan menggunakan sebuah cawan yang terbuat dari batok kelapa

Minuman ini juga sangat bagus untuk mengobati diare, mengurangi kadar kolesterol serta menstabilkan gula darah (TMMD 0417/KRC)
[15/3 15:02] +62 821-7888-0820: Satgas TMMD 0417/Kerinci menghadiri Syukuran AQikah Anak Warga Sungai Ning

Sungai Penuh – Puluhan Personil Satgas TMMD Ke-104, Memenuhi undangan salah satu warga Desa Sungai Ning, Kecamatan Sungai Bungkal, Bapak Febrianto yang menggelar acara syukuran Akikah anaknya, Jum'at (15/3) sekira Pukul 09.00 Wib.

Dalam kegiatan tersebut, secara bersama-sama para prajurit tampak mengikuti pembacaan shalawat serta doa keselamatan yang ditujukan untuk sang bayi, anak dari Bpk. Febrianto.

Diungkapkan oleh Danton Satgas Letda Ckm Hendri suatu kebahagian, keberadaan kami sudah dianggap keluarga oleh masyarakat ditandai dengan sudah sering kami diundang untuk menghadiri acara dalam rangka kenduri syukuran.

Usai Acara syukuran di rumahnya Bapak Febrianto mengatakan.
“Kita mengundang bapak-bapak TNI ini sebagai bentuk menjalin silaturahmi, apalagi selama bertugas di tempat kita mereka sudah seperti warga kita juga,”
Ia menganggap, kehadiran para prajurit TNI di Desanya, memiliki makna tersendiri bagi masyarakat sekitar. Jum'at (15/3)

“Yang pasti selama mereka disini kita sangat membuka diri,” ungkapnya. (TMMD 0417/KRC).



Artikel Rekomendasi