Tolak Mutasi, Kepala BPN Muaro Jambi Pilih Pensiun Dini, Nurman: Jika Saya Terima, Saya Membenarkan



Senin, 11 Maret 2019 - 08:33:16 WIB



Nurman Anthoni
Nurman Anthoni

JAMBERITA.COM-  Kepala Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Muaro Jambi Nurman Anthoni tidak terima  dengan mutasi yang dilakukan atasannya. Ini karena masa jabatannya belum genap lima bulan di Kabupaten Muaro Jambi tersebut.

Ia sendiri kaget dengan mutasi ini. Menurutnya,  pemutasian ini tidak sesuai dengan aturan yang ada, yakni Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Implementasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Anton mengatakan dalam aturan tersebut mutasi dilakukan paling cepat 2 tahun dan paling lama 5 tahun. Sedangkan dirinya baru menjabat sebagai Kepala BPN Muaro Jambi terhitung sejak 5 Oktober 2018 lalu atau belum genap lima bulan.

“Tentu saya kaget kok begitu cepat saya pindah, padahal belum genap lima bulan saya disini, pindah lagi. Kalau menurut undang-undang dan PP, paling cepat itu lima tahun”. Jika pemindahan ini karena alasan kinerja, boleh diuji kinerja kita”, kata Anton Jumat (08/03).

Nurman Anthoni dikabarkan memilih pensiun lebih awal (pensiun dini) daripada menerima pemutasian yang diyakininya tidak sesuai aturan. Padahal masa pensiunnya masih tersisa beberapa tahun lagi. Saat dihubungi via hanphone Minggu (10/03), ia pun membenarkan perihal tersebut. Dikatakan Anton akan terkesan terima pelanggaran jika menerima mutasi itu.

“Ya saya akan pilih pensiun lebih awal daripada saya menerima mutasi itu. Jelas mutasi itu melanggar aturan, jika saya terima, itu artinya saya membenarkan pelanggaran”, kata Anton.

Selain itu Anton juga mengkritisi dari sisi yang lain. Menurutnya, ia merupakan salah satu dari dua orang putra asli Jambi yang saat ini menjabat sebagai Kepala BPN di Provinsi Jambi. Untuk itu ia mempertanyakan kearifan lokal dari pemutasian itu. Ia mengatakan seyogyanya dirinya tidak lagi dipindahkan ke luar Jambi disisa masa pensiun.

“Saya ini putra asli Jambi yakni Batang Asai Sarolangun, seharusnnya saya tetap disini, biarkan saya membangun tanah kelahiran saya Provinsi Jambi, kenapa lagi saya dipindahkan keluar Kota. Padahal masa pensiun saya sebentar lagi”, kata Anton.

Tidak itu saja Anton juga menceritakan pengalamannya di BPN selama lebih dari 30 tahun. Menurut Anton kasus pemutasian secepat ini tidak pernah terjadi di Provinsi Jambi bahkan BPN se Indonesia. Setelah berfikir, ia menduga ada permainan terhadap pemutasian dirinya tersebut.

“Sepengalaman saya sekitar 30 tahun bertugas di BPN, baru kali ini ada pemutasian Kepala BPN secepat ini. Tidak hanya di Jambi bahkan se Indonesia. Patut diduga saya sengaja dimutasi cepat karena ada sesuatu. Kita lihat saja nanti”, ungkap Anton.

Meski berencana pensiun dan bulat tidak menerima mutasi, Anton mengatakan tetap akan mencoba mempertanyakan hal ini ke Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi bahkan hingga ke Pusat.(sm)









loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi