Evakuasi Dampak Banjir, Dandim 0419/Tanjab Pesan ke Masyarakat Bisa Hubungi Babinsa



Kamis, 28 Februari 2019 - 19:55:40 WIB



Personil TNI saat membantu mengevakuasi siswa sekolah menggunakan perahu karet
Personil TNI saat membantu mengevakuasi siswa sekolah menggunakan perahu karet

JAMBERITA.COM- Tingginya Intensitas hujan akhir-akhir ini menyebabkan beberapa sungai yang ada di Provinsi Jambi meluap. Tak terkecuali di wilayah kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Jabung Timur.

Untuk mengantisipasi hal tersebut serta dapat cepat membantu masyarakat, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0419/Tanjab, Letkol Inf M Arry Yudistira terus melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan berbagai Instansi terkait

"Kodim berkoordinasi dan bekerjasama dengan BPBD serta institusi lain selalu memonitor perkembangan curah hujan yang rutin dilaporkan pihak BMKG Jambi," Ungkap Letkol Inf M Arry Yudistira.

"Berdasarkan data tersebut kita mengambil langkah yaitu menyiapkan personel dan materiil yang dibutuhkan terkait bencana banjir. Personel sebagai tenaga untuk perbantuan evakuasi, sedangkan materiil seperti perahu karet. Selain itu kita juga menghimbau masyarakat untuk turut bersama-sama membantu dengan menggunakan perahu yang dimiliki," jelasnya lagi.

Kodim 0419/Tanjab, menurut Letkol Inf M Arry Yudistira saat ini selain memantau curah hujan dan kondisi lapangan, juga menyiapkan antisipasi dini dan menyiapkan titik-titik evakuasi.

"Penentuan lokasi Tempat Pengungsian Sementara (TPS) juga sudah kita lakukan di masing-masing wilayah yang rentan terhadap banjir, TPS akan digunakan bila memang diperlukan. Bahkan saat ini beberapa desa juga sudah tanggap dengan bencana banjir. Seperti berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan listrik atau meninggikan travo agar tidak ada warga yang terkena sengatan aliran listrik," Imbuh Letkol Inf M Arry Yudistira.

Selain itu, Letkol Inf M Arry Yudistira juga sampaikan himbauannya untuk masyarakat agar segera menghubungi Babinsa apabila membutuhkan bantuan serta meningkatkan kewaspadaan

"Himbauan kepada masyarakat agar segera menghubungi babinsa terdekat apabila terjadi bencana banjir di wilayahnya dan membutuhkan bantuan untuk evakuasi, Itu yang pertama. Yang kedua adalah waspadai aliran listrik atau alat elektronik dalam rumah serta binatang liar yang dapat membahayakan dan menimbulkan korban jiwa. Untuk wilayah yang rentan banjir, colokan listrik agar tidak diletakkan dibawah. Tapi diatas pada posisi yang relatif aman dari air," Pesan Letkol Inf M Arry Yudistira.(sm)

 




Tagar:






loading...