Soal Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kab/Kota, Luthpiah: Bapak Ibu Tolong Turun Kelapangan



Senin, 11 Februari 2019 - 15:53:54 WIB



JAMBERITA.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi Dra Luthpiah mengatakan, penanganan kasus tindak kekerasan perempuan dan anak di P2TP2A di kabupaten/kota belum terlaksana dengan baik.

Untuk itu kata Luthpiah dalam kesempatan rapat forum antar lintas wilayah yang digelar Senin (11/2/2019) hari ini, Ia mengajak seluruh instansi terkait untuk menyamakan persepsi.

Terutama, meningkatkan kualitas dalam penanganan kasus dan pelayanan terhadap korban tindak kekerasan di P2TP2A itu belum bisa berfungsi dengan baik.

"Ini juga menjadi PR kita bersama, karena kami juga tidak ingin apapun kasusnya langsung dilempar ke provinsi, jangan, karena kita menginginkan sinergitas dan koordinasi yang baik. Bilamana memang dibutuhkan tenaga ahli yang tidak ada di kabupaten, silahkan untuk melayangkan surat ke provinsi sehingga dapat diberikan pendampingan terhadap korban di kabupaten kota," terangnya.

Mulai tahun ini DP3AP2 Provinsi Jambi juga menyampaikan kepada setiap Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kepala Bidang Perlindungan Anak di setiap kabupaten kota dalam hal ini memberikan pembelajaran.

"Silahkan untuk ditangani terlebih dahulu di P2TP2A, baru dilaporkan ke kita, bukan berarti kita akan lepas tangan, tidak. Bila membutuhkan, pengacara, psikolog, akan kita siapkan tetapi kami inginkan bagaimana peran dari P2TP2A yang ada di kabupaten kota," tegasnya.

Karena terus terang kata Lutpiah, sejauh ini masih adanya klaim dari pihak kepolisian, bahwa mengalami kesulitan untuk berkoordinasi dengan P2TP2A. Kedepan dirinya menegaskan agar dapat dibangun komunikasi yang baik kepada kepolisian ataupun kejakasaan sehingga bisa bekerja sama dan memberikan pelayanan yang terbaik.

"Kemarin juga kita sudah menangani banyak kasus bukan hanya di satu kabupaten saja, coba bapak ibu itu turun kelapangan ternyata masih banyak tindak kekerasan itu yang dilakukan oleh keluarga sendiri orang yang kita kenal nah ini yang harus menjadi perhatian kita bersama," jelasnya.

Salah satu upaya DP3AP2 Provinsi Jambi di tahun 2019, sudah membentuk UPT PPPA sebagai upaya untuk lebih meningkatkan pelayanan, penjangkauan serta pendampingan terhadap korban tindak kekerasan.

"Perlu kami sampaikan, sampai hari ini bahwa di provinsi Jambi baru per Januari saja sudah menangani 20 kasus, untuk itu kami mohon kepada kabupaten kota tolong P2TP2A nya di perkuat. Saya rasa jika penanganan terhadap terhadap korban tindak kekerasan diperkuat dapat kita laksanakan dengan baik," pungkasnya.(afm)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi