Bertarung DPR RI, Ini Peluang Putra Daerah Rebut Dukungan di Kerinci  



Jumat, 08 Februari 2019 - 10:41:21 WIB



JAMBERITA.COM – Sejumlah politisi yang berasal dari Kerinci maju sebagai caleg DPR RI. Kondisi ini menyebabkan pertarungan di wilayah yang kini dipecah menjadi dua daerah ini harus bersaing untuk memperoleh suara dari basisnya sendiri.

Berdasarkan catatan Jamberita sendiri, sejumlah nama yang bertarung yakni  Murady Dharmansyah yang maju melaui Gerindra. Ia juga harus bersaing dengan internalnya Sutan Adil Hendra yang istrinya merupakan ornag Kerinci. Politisi yang  akrab disapa SAH pada Pileg lalu berhasil mendulang suara di wilayah ini.

Nama lain ada Dipo Ilham Djalil dari PAN. Putra dari Rizal Jalil ini sudah pernah menjajal DPR RI pada Pileg lalu dengan maju melalui Demokrat. Kini Dipo berlabuh ke PAN. Berikutnya Tafyani Kasim yang maju dari PDI Perjuangan.

 Tafyani sendiri dulu digadang-gadang maju menjadi cabup Kerinci namun batal maju karena tidak berhasil mendapatkan perahu. Ada Paizal Kadni yang notabene pendatang baru dari PSI. Kemudian Dahnil Miftah dari PKS.

Pengamat Politik Jambi, Ja'far Ahmad, mengatakan, pertarungan perebutan suara pasti akan panas. Karena ada banyak sekali caleg DPR RI yang berasal dari Kerinci dan pastinya akan banyak berebut suara di Kerinci.

"Caleg dari Kerinci memang banyak, tapi yang akan dapat suara banyak itu pastilah mereka yang mampu membuka jaringan dengan sangat maksimal," katanya ketika dihubungi Jamberita.com, Jumat (8/2/2019).

Ia mengatakan, dirinya saat belum bisa menyebutkan sejauh mana kekuatan para caleg DPR RI dari Kerinci karena belum melakukan survei. Namun dikarenakan ada beberapa tokoh yang maju, dipastikan nantinya mereka yang akan mendapatkan suara terbanyak di wilayah Kerinci.

"Pola ini juga akan berlaku didaerah lain memilih putra daerah karena ini absolute. Memang tidak dipungkiri caleg DPR RI diluar Kerinci juga bisa dapatkan suara dari wilayah tersebut," kata Doktor Ilmu Politik lulusan Universitas Indonesia ini.

Meskipun begitu, pihaknya menyebutkan sejauh ini ada empat nama yang memang berpotensi untuk meraup suara banyak dari Kerinci berdasarkan ketokohan yang muncul. Seperti Murady Darmansyah, Faizal Kadni, Dipo Ilham Djalil, dan Tafyani Kasim.

Tetapi tetap saja garapan mereka berbeda, meskipun berkutat diwilayah yang sama. "Mereka pastinya akan fokus jika menggarap wilayah masing - masing untuk meraup suara banyak di Kerinci," ujarnya.

Hanya saja, pihak luar dalam arti bukan caleg keturunan Kerinci juga berpotensi untuk meraup suara banyak. Hanya saja memang potensinya kecil untuk bisa mengalahkan perolehan suara dari caleg keturunan kerinci. (am)









loading...








Pemuda Tewas diduga Tikam Teman Sendiri

Pemuda Tewas diduga Tikam Teman Sendiri

Senin, 22/04/2019 12:57:33