Abdul Fattah, Birokrat, Politisi Hingga Pengusaha Minyak



Jumat, 01 Februari 2019 - 18:40:42 WIB



Abdul Fattah saat dirawat
Abdul Fattah saat dirawat

JAMBERITA.COM- Mantan Bupati Batanghari, Abdul Fattah, meninggal dunia di RS Siloam pada 16.50 WIB. Kepergiannya cukup mengejutkan. Ketua DPD PAN Kabupaten Batanghari ini sendiri tercatat sebagai Caleg PAN dapil Batanghari-Muaro Jambi untuk DPRD Provinsi Jambi.

Pria yang karirnya berangkat karirnya  sebagai PNS ini akhirnya memilih mundur. Ia beralih menjadi politisi Golkar dan menduduki sejumlah jabatan penting. Sebagai Ketua Golkar DPD Batanghari, Fattah juga menjadi Ketua DPRD Kabupaten Batanghari.

Selanjutnya, ia maju dalam pertarungan pemilihan Bupati Batanghari dan terpilih untuk periode 2001-2006 berpasangan dengan Syahirsah.  Selanjutnya untuk periode kedua Fattah kalah melawan Syaihirsah wakilnya sendiri.

Selanjutnya, Fattah maju sebagai caleg pada Pileg 2009 untuk DPRD Batanghari dan terpilih. Ia juga kembali menjadi ketua DPRD Batanghari. Selanjutnya, Fattah kembali maju menjadi bupati dan terpilih untuk periode 2011-2016.

Di Bidang politik, selain pernah di Golkar, Fattah juga pernah di Demokrat. Istrinya Sofia Fattah terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi Jambi dari demokrat di Pileg 2014. Namun Fattah kemudian berlabuh lagi di PAN. Ia menjadi ketua PAN setelah anaknya Haviz tersangkut kasus narkoba.

Abdul Fattah divonis bersalah pada kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran Kabupaten Batanghari tahun 2004 dengan kerugian negara sebesar Rp 651 juta. Fattah divonis oleh majelis hakim dengan hukuman 1 tahun 2 bulan dan sempat mengajukan banding. Fattah mendapatkan pengurangan hukuman pidana penjara dua bulan menjadi satu tahun.

Sementara itu, di bidang ekonomi, Fattah dikenal sebagai pengusaha minyak yang sukses. Ia memiliki beberapa SPBU dan pernah menjabat sebagai ketua Hiswana Migas.

Terakhir penulis bertemu dengan Fattah saat Beliau melayat ke rumah duka Zulkifli Nurdin. Ia pun bercerita jika berteman dekat dengan ZN dan pernah satu SMA. "Kami dari dusun. yang traktir ngopi itu Pak ZN," kata Fattah waktu itu. Selamat jalan Bang Fattah.(sm)












loading...








Abu Bakar Ditemukan Tak Bernyawa

Abu Bakar Ditemukan Tak Bernyawa

Jumat, 24/01/2020 13:12:45
H Mashuri Gerakan Subuh di Bungo Antoi

H Mashuri Gerakan Subuh di Bungo Antoi

Jumat, 24/01/2020 10:52:59