Jumlah Dana Kampanye Tak Dibatasi, Hanya Jumlah Sumbangan yang Diatur



Jumat, 31 Agustus 2018 - 09:57:17 WIB



Apnizal
Apnizal

JAMBERITA.COM- Jumlah dana kampanye partai politik (parpol) tidak dibatasi. Hanya saja, KPU mengatur jumlah sumbangan yang diterima parpol dan caleg. Baik secara kelembagaan maupun secara perorangan.

Apnizal Komisioner KPU Provinsi Jambi Apnizal, mengatakan tidak ada batasan maksimal bagi Parpol dalam pendanaan kampanye. Namun, yang dibatasi adalah jumlah sumbangan yang boleh diterima. “Tidak ada batasan memang, tapi untuk Caleg harus satu pintu melalui rekening partai politik masing-masing,” ujar Apnizal.

Untuk sumbangan dana kampanye sendiri hanya boleh melalui dua sumber, yakni perorangan dan lembaga yang berbadan hukum. Sesuai dengan PKPU NO 23 tahun 2018, jumlah sumbangan yang bisa dilakukan dibatasi. Yang mana untuk perorangan dibatasi maksimal Rp 2,5 miliar, dan untuk lembaga berbadan hukum maksimal Rp 25 miliar.

“Jumlah yang boleh disumbangan ada batasan, namun untuk berapa banyak yang menyumbang tidak ada. Jadi kalau satu parpol, semua calegnya nyumbang Rp 2,5 miliar ke rekening Parpol boleh tidak ada batasan,” terang Apnizal.(sm)







loading...