Tangani Laporan dan Keluhan Warga, Pemkot Jambi Bentuk Satuan Tugas Khusus



Senin, 02 Juli 2018 - 21:55:57 WIB



Salah satu sidak yang dilakukan.Walikota Jambi mengecek pembangunan drainase
Salah satu sidak yang dilakukan.Walikota Jambi mengecek pembangunan drainase

 

 

JAMBERITA.COM- Menjalani cuti pilkada rupanya memberikan banyak inspirasi baru bagi seorang Syarif Fasha. Dalam kurun waktu 4 bulan lebih menjalani cuti kampanye, Fasha makin intens "terjun" langsung mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat Kota Jambi.

Apa saja yang didapat oleh Fasha selama blusukan ditengah masyarakat?. Saat membuka kegiatan Sosialisasi e-kinerja di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Kota Jambi, Senin pagi (2/7), Fasha mengungkapkan bahwa dirinya mendapat banyak inspirasi selama menjalani cuti kampanye pilwako Kota Jambi.

"Cuti kampanye memberi saya kesempatan lebih banyak lagi untuk bertatap muka, berdiskusi, mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat. Banyak apresiasi, namun tidak sedikit pula koreksi dan harapan masyarakat yang saya temui, salah satunya adalah kualitas pelayanan dasar masyarakat. Saya akan segera membentuk satuan gugus tugas khusus (Task Force) reaksi cepat untuk menanggapi laporan dan keluhan masyarakat. Saya tidak ingin mendengar lagi, keluhan dan laporan masyarakat tidak di tindaklanjuti dengan segera," tegas Fasha.

Lebih lanjut Fasha menjelaskan bahwa, gugus tugas tersebut bekerja layaknya pasukan reaksi cepat untuk menanggapi berbagai keluhan dan laporan masyarakat yang terkait dengan layanan publik.

"Kita ingin satuan khusus ini menjalankan perannya secara cepat dan tepat. Kita sudah miliki instrumennya, kita sudah ada aplikasi pengaduan masyarakat yang bernama siKesal. Akan kita optimalkan lagi kedepannya," ujar Fasha.

Wali Kota Fasha pun menjelaskan bahwa konsep pelayanan Kota Jambi sudah bergeser dari pola lama menjadi sebuah kota yang lebih melayani dengan konsep smart city. Berbagai kemudahan dan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas, akan menjadi standar minimum di Kota Jambi.

Tak berhenti sampai disitu, Pemkot juga telah membangun Command Centre (Pusat Komando) dengan nama Jambi City Operation Center (JCOC) yang bekerja sama dengan Kementerian Kominfo. Kerjasama tersebut dimaksudkan agar semua aplikasi berbasis pelayanan publik di Kota Jambi, akan terpantau di Pusat Komando Kota Jambi tersebut.

Pada fasilitas Command Center, berbagai aktivitas masyarakat di jalan, sekolah, kantor, kelurahan, perkampungan akan terpantau secara terpusat dan terintegrasi.(*/sm)



Artikel Rekomendasi