Ini Dia Dugaan Pelanggaran yang Digugat Hamdi ke MK



Selasa, 16 Mei 2017 - 13:25:01 WIB



Mudrika SH MH, Kuasa Hukum Hamdi-Harmain
Mudrika SH MH, Kuasa Hukum Hamdi-Harmain

JAMBERITA.COM - Sidang Pendahuluan Permohonan gugatan perselisihan hasil  pemilu kepala daerah (PHP Kada) sudah digelar hari ini (16/3).  Pasangan Hamdi yang mendapatkan jatah pembacaan permohonan pukul 09.00 pagi tadi menyampaiakan dugaan pelanggaran di hadapan hakim MK. Perkara PHP kada ini teregister  dengan nomor 3/PHP.BUP-XV/2017.

Menurut Kuasa Hukum Hamdi-Harmain, ada beberapa dugaan pelanggaran yang menjadi dasar permohonan gugatan PHP Kada di MK.  Diataranya Bahwa hampir seluruh kecamatan ada pelanggaran baik terkait dengan data pemilih, dugaan  tidak netralnya penyelenggara pemilu  dan birokrasi daerah hingga persoalan pelanggaran money politic dan pada saat pemungutan suara.

“Yang kami sampai asalah dugaan pelanggaran khususnya di 9 kecamatan dari 12 kecamatan di Tebo.  Ini merupakan basis Hamdi,”ujarnya saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Ia mengatakan persoalan daftar pemilih tetap dimana ada penurunan drstis khusus di 9 kecamatan dari DPT Pilgub ke DPT Pilbup yang merugikana pasangan Hamdi-Harmain. Dimana jumlah penurunannya sebesar 15.540. Dimana dari jumlah ini 95 persen berada di 9 kecamatan yang menjadi basis Hamdi-Harmain.

Kemudian, ada keberpihakan ASN terhadap salah satu pasangan calon, termasuk dugaan keberpihakan penyelenggara pemilu, formulir C6 tidak dibagikan, ada yang dibagikan di hari H. “Ini sudah kami sampaikan dan tinggal menunggu jawaban dari pihak termohon pada Senin mendatang,”pungkasnya. (SM)



Artikel Rekomendasi