Jambi Masih Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir  



Jumat, 07 Desember 2018 | 13:06:31 WIB



Kurnia Ningsih
Kurnia Ningsih

JAMBERITA.COM - Berdasarkan prakiraan Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi, hujan lebat disertai angin kencang masih akan terus terjadi di Jambi dalam beberapa hari mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi BMKG Sultan Thaha Jambi Kurnia Ningsih mengatakan, untuk tiga hari ke depan wilayah Provinsi Jambi masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

"Tanggal 5 sampai 7 Desember untuk Provinsi Jambi masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang kadang kala disertai petir dan angin kencang, dan terjadi hampir merata di seluruh wilayah di Jambi," kata Kurnia, Kamis (6/12/2018).

Umumnya, lanjut Kurnia, hujan terjadi pada sore dan malam hari. Sedangkan untuk siang hari cenderung lebih cerah berawan, begitu juga cuaca yang terjadi sepekan terakhir.

"Hujan memang umumnya terjadi pada sore hari. Dan diperkirakan hujan mulai dari Oktober hingga April 2019 mendatang. Tetapi puncaknya terjadi pada bulan November-Desember ini, lalu di Januari akan turun dan Maret-April kembali meningkat pada cuaca Ekstrem," terangnya.

Dari prakiraan cuaca yang telah dilaporkan, Kurnia mengimbau kepada masyarakat Jambi untuk mempersiapkan diri sebelum melaksanakan kegiatan, terlebih yang aktif bekerja di luar ruangan.

"Karena kita masih berada di puncak musim penghujan maka masyarakat harus waspadai terjadinya cuaca ekstrim yang tiba-tiba hujan lebat disertai petir dan angin kencang," katanya.

Ia juga meminta masyarakat  berhati-hati terhadap dampak yang disebabkan oleh cuaca ekstrem tersebut seperti banjir dadakan, genangan air, tanah longsor dan pohon tumbang.

Sementara pada Rabu (05/12) malam, wilayah Kota Jambi berkabut dengan kelembapan udara 98 persen sehingga kandungan uap airnya menjadi lebih banyak dibandingkan saat siang hari.

"Kondisi jarak pandang yang menyelimuti Kota Jambi pada malam tadi, hanya mencapai 300 meter di jam 01.00 dini hari, lalu jam 02.00 dini hari menjadi 700 meter dan jam 3 dini harinya meningkat menjadi 3 ribu meter, hingga pukul 09.00 pagi Kamis pagi, tercatat 6000 meter," tuturnya.

Dikatakan Kurnia, jarak pandang jika cuaca cerah bisa mencapai 6000 meter. Kalau proses tadi malam (Rabu, 05/12) itu disebabkan oleh hujan di sore hari namun hujannya tidak lebat atau hanya hujan ringan saja, membuat malamnya berkabut capai 300 meter itu sangat jarang sekali terjadi," pungkasnya.(afm)






loading...








Harga Kelapa Sudah Mulai Naik   

Harga Kelapa Sudah Mulai Naik  

Sabtu, 15/12/2018 13:25:57