Stockfile PT KBPC Diprotes karena Rusak Jalan, Sekda Bungo: Ilegal, Belum Ada Izin



Rabu, 28 November 2018 | 18:19:07 WIB



Stockfile PT KBPC Diprotes karena Rusak Jalan
Stockfile PT KBPC Diprotes karena Rusak Jalan

JAMBERITA.COM- Sepanjang ruas jalan Lintas Sumatra Kilometer 6 Kelurahan Sungai Mengkuang Kecamatan Rimbo Tengan Kabupaten Bungo saat ini rusak. Ini disebabkan adanya aktifitas stockfile pertambangan batu bara milik PT.KPBC. Stock file ini menampung tiga PT yakni PT BRASU , PT SAS , PT IBAP

Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Banyaknya truk angkutan batu bara dengan muatan puluhan ton setiap harinya keluar masuk lokasi stockfile batu bara di PT.KBPC membuat kondisi jalan makin parah.  Bahkan mobil pengangkut sering parkir di badan jalan .

Ini mengakibatkan jalan hancur makin hancur dan  licin serta tertutup dengan hitamnya tanah berlumpur sisa angkutan batu bara. Akibatnya, masyarakat mulai mengeluhkan kerusakan ini. Apalagi tidak ada lampu jalan sehingga sering terjadi kecelakaan.

Menanggapi hal ini, Sekda Bungo H Ridwan Is mengatakan bahwa aktifitas stockfile tersebut ilegal. Bahkan  izin stockfile sampai saat ini belum memiliki izin. Seharusnya lokasi stockfile batu bara PT.KBPC  segera dipindahkan. Dimana, jarak stockfile dengan badan jalan seharusnya berjarak 500 meter.

Menurutnya, Perda RTRW yang baru sudah disahkan Pemda Bungo, PT KBPC Group dipastikan harus pindah dan mencari lokasi yang baru. Karena lokasi yang ada saat ini tidak sesuai dengan RTRW Kabupaten Bungo.

Sebelumnya mahasiswa dari Universitas Muara  Bungo  juga sempat mempertanyakan legalitas aktivitas stock file milik PT KBPC Group.

Mahasiswa mendesak agar pejabat daerah segera melakukan penutupan stockfile, terutama yang berada di dalam kota di Muara Bungo.

"Tidak ada izin kok bisa berdiri, sementara konfensasi kepada masyarakat tidak ada. masyarakat hanya mendapatkan debunya saja setiap hari," kata Mahasiswa

Selain mengganggu pengguna jalan dan ,dengan adanya keberadaan  stockfile yang berdekatan dengan badan jalan lintas yang padat arus lalu lintas sudah melanggar Perda Kabupaten Bungo.(rena)




Tagar:

# Bungo




loading...








Harga Kelapa Sudah Mulai Naik   

Harga Kelapa Sudah Mulai Naik  

Sabtu, 15/12/2018 13:25:57