Pimpin Pansus Ranperda Perlindungan Anak dan Perempuan, Eka: Untuk Minimalisir Kasus di Jambi



Sabtu, 17 November 2018 | 06:43:10 WIB



Eka Marlina Majid saat memimpin rapat
Eka Marlina Majid saat memimpin rapat

JAMBERITA.COM-  Ranperda tentang penyelenggaraan perlindungan anak dan perempuan saat ini masih dibahas di DPRD Provinsi Jambi. Ranperda ini akan menjadi rujukan penting bagi daerah dalam melakukan kebijakan terkait dengan perlindungan sekaligus penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Jambi.

Ketua Pansus, Eka Marlina Majid  mengatakan ranperda ini merupakan inisiatif dari Dinas Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan anak  yang diharapkan dapat menjadi Peraturan Daerah (Perda) agar perempuan dan anak di Provinsi Jambi mempunyai benteng untuk mengembangkan diri dan mempertahankan haknya. “Dengan adanya Perda ini maka ini bisa menjadi payung hukum dari yang disiapkan oleh pemerintah daerah,” kata Eka. 

Menurutnya beberapa poin penting dari ranperda ini terkait dengan pelecehan terhadap perempuan termasuk dipekerjakan di tempat-tempat yang tidak sewajarnya, kekerasan terhadap anak, memperkerjakan anak-anak hingga kasus kekerasan dalam rumah tangga dan di tempat kerja. “Tadi kami sudah konsultasi ke kementrian pemberdayaan perempuan,” kata pilitisi PKB ini.

Rencananya setelah dibahas dengan isntansi terkait dengan di pansus, ranperda ini akan segera disahkan. “Penyampaian ranperda kemunginan akhir bulan. Sekarang tinggal penyempurnaan dan tambahan data-data. Kita juga memasukkan peran lembaga adat,” kata Eka.

Ia berharap keberadaan perda ini bisa meminimalisir kasus keerjasan terhadap perempuan dan anak di Jambi termasuk kasus-kasus pelecehan seksual. "Ini sangat penting untuk meminimalisr kasus karena ada payung hukumnya," pungkasnya.(sm)

 






loading...