Tanah Longsor di Kenali Asam Bawah, Warga: Tahun 2018 Paling Parah



Kamis, 15 November 2018 | 15:47:18 WIB



JAMBERITA.COM - Warga RT 35 jalan Sunan Derajat Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru mendadak dikejutkan dengan adanya tanah longsor. Curah hujan yang sangat tinggi memicu terjadinya longsor tersebut.

PJ(53) salah seorang warga terkena dampak longsor mengaku kejadian ini sudah pernah terjadi beberapa kali namun tahun ini yang paling parah.

"Tahun 2018 paling parah. Tahun sebelumnya sekitar tahun 2014 dan 2016 tidak pernah seperti ini," ujarnya saat dikonfirmasi Jamberita.com, Kamis sore (15/11/2018).

Dia melanjutkan terjadi pada Selasa (13/11/2018) sekira pukul 13:00 WIB selepas waktu Zuhur dan terdengar seperti tanah turun.

"Bunyinya itu krek-krek seperti akar putus dek. Bapak keluar melihatnya langsung, tanah tu turun seperti gembur secara perlahan," lanjutnya lagi.

Atas kejadian tersebut mengakibatkan tanah disekitar rumah amblas sedalam lima meter dengan panjang 12 meter dan dia khawatir tanah itu akan merembet ke rumahnya.

Dia menambahkan lagi tadi pagi pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Jambi sudah ke lokasi guna mengecek. Sedangkan Rabu kemarin pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi sudah terlebih dahulu turun.

"Sudah datang mereka. Hari Sabtu besok mereka akan mengirim bantuan berupa karung berisi tanah dan kayu penyanggah gunanya untuk menyanggah bilamana nanti terjadi longsor lagi," tutupnya. (Cpm)






loading...