Sudah Berulang Kali Perbaikan, Data Ganda di Daftar Pemilih Masih Ditemukan



Rabu, 14 November 2018 | 12:20:08 WIB



Ari Juniarman
Ari Juniarman

JAMBERITA.COM - Data pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terus menuai masalah di tingkat Kabupaten/Kota.

Meski sudah berulang kali ada perbaikan data pemilih, data ganda masih saja ditemukan.

Salah satunya terjadi di Kota Jambi. Penetapan DPTHP2 yang seharusnya rampung, Senin malam (12/11) kemarin terpaksa tertunda. Ada ratusan data ganda yang belum terhapus.

Ketua Bawaslu Kota Jambi, Ari Juniarman mengatakan data ganda itu ditemukan jajarannya ditingkat bawah. Setelah dilakukan pencermatan oleh Panwascam, data itu belum dicoret dalam sidalih. “Pleno tadi malam (kemarin, red) memang tertunda, ada data ganda yang belum terhapus di sidalih,” ujarnya, Selasa (13/11) kemarin.

Untuk mendapatkan data maksimal, singkronisasi masih dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi. Jika rampung tentu akan ditetapkan dan diteruskan ke tingkat Provinsi.

“Ada sekitar 300 lebih data ganda yang ditemukan. Jika itu sudah bagus tidak ada lagi alasan untuk menunda,” sebutnya.

Untuk kegandaan sendiri, kata Ari Juniarman, temuannya ganda antar kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten. “Jadi ini yang harus di hapus salah satunya,” sebutnya.

Bagaimana dengan pemilih yang belum merekam KTP-e? Ari mengaku pihaknya masih berkoordinasi dengan Disdukcapil Kota Jambi dan KPU. “Kita mendorong agar perekaman dilakukan secepatnya, karena ini mengakut dengan surat suara,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Jambi Arif Lesmana Yoga mengatakan data ganda ini muncul setelah adanya masukkan dari masyarakat. Setelah dimasukkan, ternyata yang bersangkutan sudah masuk dalam DPT. “Inilah yang menjadi temuan ganda,” ucapnya.

Kemudian ada juga data dari DP4 non DPT malah menjadi ganda. “Sekarang kita masih bekerja,  yang jelas dalam beberapa hari kedepan sudah harus rampung,” katanya.(*/sm)






loading...