Kasus Manipulasi Dukungan Kemuning, 2 Nama Ini Dilaporkan ke Polisi



Selasa, 13 November 2018 | 20:45:20 WIB



Suasana sidang DKPP RI di Kantor Bawaslu Provinsi Jambi baru-baru ini
Suasana sidang DKPP RI di Kantor Bawaslu Provinsi Jambi baru-baru ini

JAMBERITA.COM-  Kasus manipulasi dukungan Calon Anggota DPD RI berlanjut ke kepolisian. Ini merupakan tindaklanjut dari instruksi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sidang sepekan lalu.

Hari ini Selasa (13/11/2018), tiga nama dilaporkan ke polisi dengan pelapor tiga lembaga penyelenggara pemilu. KPU Kota Jambi melaporkan Misgianto, Ketua PPK Jelutung. Bawaslu Kota Jambi melaporkan Ketua Panwaslu Kecamatan Jelutung Arif Rahmanuddin. Kedua lembaga ini melapor ke Polresta Jambi.

Ketua KPU Kota Jambi A Rahim mengatakan siang tadi sudah berada di berada di Polresta Jambi. Ia membenarkan melaporkan Misgianto. Dari laporan yang diberikan pihak kepolisian, pasal yang dikenakan  adalah tindak pidana berupa pemalsuan suatu surat pasal 263 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (“KUHP”) yang berbunyi "Yang mana dalam pasal 263 KUHP tersebut tertulis, barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat menimbulkan sesuatu hak, perikatan atau pembebasan hutang, atau yang diperuntukkan sebagai bukti daripada sesuatu hal dengan maksud untuk memakai atau menyuruh orang lain memakai surat tersebut seolah-olah isinya benar dan tidak dipalsu, diancam jika pemakaian tersebut dapat menimbulkan kerugian, karena pemalsuan surat, dengan pidana penjara paling lama enam tahun,".

“Iya kita sudah laporkan, tadi (red,kemarin) kita laporkan. Kalau dapal LP itu pasalnya 263, pemalsuan dokumen,” ujar Rahim.

Ketua Bawaslu Kota Jambi, Ari Jurniarman juga senada. “Sudah kami laporkan. Tinggal menunggu konfirmasi selanjutnya,” jawabnya saat dihubungi melalui telepon selulernya.(sm)






loading...