7 Peserta Bersaing Rebut Sekretaris KPU Provinsi Jambi



Jumat, 09 November 2018 | 20:57:49 WIB



Prof Hasbi Umar
Prof Hasbi Umar

JAMBERITA.COM-  Seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi sudah dimulai. Bahkan tahapan sudah melewati seleksi administrasi yang diumumkan panitia seleksi (Pansel), Sabtu (10/11).

Ketua Pansel Prof. Hasbi Umar mengatakan pada seleksi administrasi ada 7 peserta yang dinyatakan lulus. Mereka adalah peserta yang sebelumnya telah menyerahkan dokumen pendaftaran yang dibuka beberapa waktu lalu.

"Ada 7 peserta yang mendaftar, semua kita nyatakan lulus dan memenuhi persyaratan," ujarnya kemarin.

Para peserta itu, kata Hasbi Umar, ada Amhar, Darmwi, H. Fitria Helmi, Kemas M. Ajir, H. Khoirul Bahri Lubis, H. M. Zubaidi AR dan Nasuhaidi. Kelulusan ini diputuskan dalam pleno panitia seleksi pada 9 November 2018 kemarin.

“Mereka yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes kompetensi yang rencananya akan kita laksanakan selama dua hari, mulai tanggal 12-13 November di Aula Kantor KPU Provinsi Jambi,” sebutnya.

Dalam proses seleksi, sambung Hasbi Umar, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama administrasi, tes kompetensi, psikologi, kesehatan dan wawancara. “Jadi ini akan memasuki tahapan kedua yaitu tes kompetensi,” sebutnya.

Lalu bagaimana sistim penilaian Pansel? Dosen senior UIN STS Jambi ini menyebutkan jika disetiap tahapan memiliki penilaian. Hanya nilai itu diakumulatif dan di gabungkan setelah tahapan wawancara berakhir. “Jadi ditotal semuanya, nanti baru kelihatan,” katanya.

Dari 7 peserta, 3 nama diantaranya dinyatakan lulus dan dikirim ke KPU RI. Satu nama terpilih itulah yang akan ditetapkan sebagai kepala sekretariat KPU Provinsi Jambi. “Kita hanya mencari 3 peserta, selanjutnya satu nama ditetapkan KPU RI,” terangnya.

Lantas siapa saja Pansel yang ditunjuk KPU RI? Hasbi Umar menjelaskan ada 5 Pansel yang mendapatkan amanah dari KPU RI. Kelimanya yakni Prof. Hasbi Umar, Drs. H. Hamid, Drs. Lucky Firmandy Majanto, Ir. Sumariyandono dan Apnizal.

“Dua orang dari KPU RI, Drs. Lucky Firmandy Majanto Biro SDM dan Ir. Sumariyandono Biro Perencanaan. Sisanya akademisi, perwakilan pemerintahan dan Komisioner KPU,” terangnya.

Disamping itu, dalam proses seleksi ini pihaknya juga membuka tanggapan dan masukkan masyarakat terkait calon sekretaris KPU Provinsi Jambi. Tanggapan itu disampaikan secara tertulis disertai identitas diri ke sekretariat panitia seleksi atau melalui email pansel. “Tanggapan, masukan dan saran ini kita buka dari 11 November hingga 26 November,” tukasnya.(*/sm)






loading...