Tanggapi Sidang Adjudikasi Caleg Nasdem di Muaro Jambi, Agus Roni: Kita Akan Berjuang



Jumat, 09 November 2018 | 09:04:40 WIB



Agus Roni
Agus Roni

JAMBERITA.COM- DPW Nasdem Provinsi Jambi akan berjuang menghadapi sidang adjudikasi atas dugaan pelanggaran administratif yang ditemukan Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi. Ini karena caleg Nasdem sudah memenuhi syarat dalam daftar caleg tetap (DCT).

Ketua DPW Nasdem Provinsi Agus Roni mengatakan yang bersangkutan sudah  mundur. Namun Ia mengakui ada keteledoran  karena hanya menyampaikan surat pengunduran diri yang disampaikan melalui kades dan tidak diteruskan. “Dokumentasi mundur dan BA mundur ada. Belum dilampirkan. Kita akan berjuang jg melalui mekanismenya nanti  karena kami juga  sudah koordinasi dengan DPP NasDem,” kata Agus melalui pesan Whats Appnya.

Saat ini pihaknya sedang mempelajari fakta-gakta hukum dan mengkaji kemungkinan mengambil langkah hukum lain. Dalam form BB1 dan 2 yang bersangkutan membuat status swasta karena sesuai dengan status di E-KTP yang bersangkutan.

Pimpinan Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi, Yasril mengatakan terkait temuan dugaan pelanggaran administrasi pemilu oleh salah satu caleg DPRD Kabupaten Muaro Jambi dari Partai Nasdem, Bawaslu Muaro Jambi akan melakukan penyelesaian penanganan dugaan pelanggaran tersebut malalui sidang adjudikasi. Sidang adjudikasi digelar kemarin Rabu (8/11/2018).

Penyelesaian pelanggaran administrasi ini dilakukan berdasarkan mekanisme penanganan sesuai dengan perbawaslu No 8 th 2018.

Adapun dugaan pelanggaran yang dimaksud, Yasril mengatakan ada syarat caleg yang tidak terpenuhi, yakni pengunduran diri dari BPD. Ini sesuai dengan UU no 7 tahun 2017 tentang pemilu pasal 240 ayat 1 huruf k dan PKPU 20 th 2018 tentang pencalonan pasal 7 huruf l angka 7 yakni kategori badan lain yg bersumber keuangan negara. " Jadi kita baru tahu berdasarkan laporan dari Panwas kecamatan," katanya(*/sm)

 






loading...