Lakukan Pemeriksaan Indeks Kebersihan Mulut, PDGI Targetkan 1000 Siswa SD di Kota Jambi



Sabtu, 20 Oktober 2018 | 10:53:08 WIB



Pemeriksaan gigi untuk mengetahui indeks kebersihan mulut
Pemeriksaan gigi untuk mengetahui indeks kebersihan mulut

JAMBERITA.COM - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Jambi menargetkan ribuan siswa Sekolah Dasar (SD) untuk dilakukan pemeriksaan indeks kebersihan mulut dan indeks karies.

Karies gigi adalah salah satu penyakit yang dapat merusak kesehatan serta struktur gigi. Penyakit ini mampu membuat penderitanya merasakan nyeri dan bila tak kunjung ditangani, akan mampu menyebabkan kematian.  "Penyuluhan dan sigiber dilakukan dua tahap," ungkap Ketua PDGI Cabang Jambi drg Bob Martias saat di SLB Prof.Sri Soedewi Masjchun Sofwan, Sabtu pagi (20/10/2018).

Bob menjelaskan, anak yang dilakukan pemeriksaan itu sebanyak 936 siswa dari target 1000 siswa dengan jumlah operator pemeriksa kurang lebih sekitar 100 orang dokter gigi dan dokter gigi spesialis yang merupakan anggota dari PDGI Cabang Jambi sendiri.  "Sebagai pendukung juga terapis gigi dan mulut," terangnya.

Agenda ini merupakan bulan kesehahatan gigi nasional program tahunan pengurus besar (PB) PDGI yang didukung PT. Unilever Indonesia sejak tahun 2010. Untuk tahun ini PB PDGI melibatkan 40 Cabang diseluruh Indonesia sebagai pelaksana Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN).

"Salah satunya PDGI Cab Jambi dengan mengusung tema, bahaya konsumsi zat gula tersembunyi terhadap kerusakan gigi, yang dilaksanakan di SLB, SDN 131 Kota Jambi serta SDN 011 Kota Sungai Penuh secara serentak," jelasnya.

Tahap pertama pemeriksaan dilaksanakan pada hari ini 20 Oktober 2018 dan ditahap kedua akan dilakukan pada tanggal 10 November 2018 mendatang. Dalam jeda waktu antara tahap 1 dan 2 itu diharapkan siswa siswi dapat melakukan pembiasaan menyikat gigi ketika pagi hari dan malam hari.

"Tentu diharapkan juga dukungan dari orang tua di rumah dan para guru disekolah, sehingga pemeriksaan tahap kedua terjadi peningkatan kebersihan mulut masing masing siswa dan pada akhirnya bisa mewujudkan cita-cita Indonesia bebas karies 2030," tambahnya.

Kegiatan BKGN 2018 PDGI Cab Jambi ini tentunya tidak dapat terlaksana dengan baik tampa adanya dukungan pemegang wilayah, camat, kepala sekolah, dan para orang tua wali murid." Ini juga salah satu wujud pengabdian kita PDGI kepada masyarakat Jambi khususnya," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Jamberita.com di lapangan, sebelumnya kegiatan PDGI Cab Jambi ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jambi Agus Heriyanto, dan Kepala Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi.

Selanjutnya anggota yang tergabung dibagi menjadi dua kelompok langsung melakukan penyuluhan terhadap anak anak sekolah dasar, baik di SLB  Prof.Sri Soedewi Masjchun Sofwan ataupun di SDN 131 Kota Jambi.(afm)






loading...