Festival Tari dan Busana Etnik Kegiatan Kirab Pemuda 2018 di Jambi Resmi Dibuka



Kamis, 11 Oktober 2018 | 11:33:37 WIB



 

JAMBERITA.COM - Staf Ahli Kementrian Olahraga RI Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal secara resmi membuka kegiatan Kirab Pemuda, festival tari dan busana etnik, di halaman taman Mayang Mangurai Kantor Gubernur Jambi, Rabu (26/9/2018).

"Tapi kegiatan ini ingin menunjukkan kepada pemuda bahwa Indonesia ini luas, kaya akan bahasa dan budaya," paparnya.

Dijelaskannya, Jambi merupakan titik keenam persinggahan peserta Kirab Pemuda dan lancarnya kegiatan merupakan suatu kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi kota dan kabupaten.

"Intinya kita ingin menanamkan rasa satu kesatuan meski berbeda beda kita tetap satu jua," jelasnya.

Sebelumnya, Peserta Kirab Pemuda 2018 selain mengikuti pawai budaya Jambi mulai dari rumah dinas Wali Kota Jambi dan finish di lapangan kantor Gubernur Jambi, juga diperkenalkan Senam Jago Negeri dari Diskepora Provinsi Jambi.

Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Diskepora) Provinsi Jambi Izuddin mengatakan, pawai budaya merupakan salah satu kegiatan penyambutan Kirab Pemuda 2018 yang bertujuan memperkenalkan kebudayaan Jambi kepada peserta kirab.

Peserta pawai budaya itu kata Izuddin diikuti seribuan siswa SMA/SMK di Kota Jambi, Organisasi Kepemudaan, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) dan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Jambi.

"Peserta Kirab Pemuda 2018 sudah dua hari di Jambi dan mengikuti berbagai kegiatan, kita berharap mereka lebih mengenal Jambi dan ikut mempromosikan daerah kita di luar," katanya.

Selain mengikuti pawai budaya, peserta Kirab Pemuda 2018 juga diperkenalkan dan mengikuti senam Jago Negeri di lapangan kantor gubernur bersama seluruh peserta pawai budaya.

"Kita juga memperkenalkan senam khas daerah kita, kita promosikan kepada mereka dengan harapan mereka juga memperkenalkan ke daerah mereka dan kita berharap senam Jago Negeri bisa populer seperti senam-senam dari daerah Timur Indonesia," jelasnya.

Izuddin mengatakan sebelum peserta Kirab Pemuda 2018 mengikuti pawai budaya, peserta terlebih dahulu di jamu Walikota Jambi di kediaman dinasnya dan walikota memberikan motivasi kepada peserta serta kiat-kiat menjadi pemimpin di masa depan.

Dia mengatakan, Jumat (28/9/2018), peserta Kirab Pemuda 2018 dijadwalkan mengikuti work shop pemuda tentang Narkoba dan LGBT di salah satu hotel di Jambi. Kemudian peserta menuju Kabupaten Muarojambi dan sholat Jumat di Masjid Raya Muarojambi dan dilanjutkan kunjungan ke rumah dinas Bupati Muaro Jambi.

"Peserta juga akan mengunjungi Candi Muarojambi dan menggelar kegiatan bakti sosial di kawasan candi dan homestay Kompleks Percandian Muaro Jambi," tuturnya.

Malam harinya peserta makam malam bersama Pemprov Jambi dan selanjutnya acara pelepasan peserta menuju Sumatera Selatan sebagai titik singgah berikutnya.

Salah satu peserta Kirab Pemuda 2018 yang mewakili organisasi kepemudaan Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB-PMII), Teguh, mengatakan program Kirab Pemuda merupakan salah satu upaya pemuda Indonesia mengetahui lebih jauh keberagaman di Indonesia.

"Ini sangat menarik, kami sebagai peserta sadar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang banyak keanekaragaman budaya dan adat istiadat. Dan yang mengesankan adalah khasnya di setiap daerah," kata Teguh.

Teguh juga berharap semua pemuda-pemudi Indonesia menyadari akan budaya dan adat istiadat yang ada di Indonesia dan berusaha menjaga serta melestarikannya.

Ia juga berpesan kepada pemerintah harus mencari bibit-bibit pemuda yang memiliki kualitas dalam bidang olahraga agar tersedianya suatu wadah aspirasi kepemudaan.

Tampak Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora RI, Khairil Adha turut hadir dan menyaksikan kemeriahan pawai budaya Jambi. "Kami akan terus mengawal Kirab Pemuda ini hingga selesai," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sebelum pembukaan dilakukan oleh staf ahli Menpora. Beberapa penampilan penampilan lainnya juga di tunjukkan, mulai dari tari tarian Jambi, pakaian adat dan tampak stand stand kreatif pelajar juga disiapkan.

Hadir dalam agenda ini, PLT Asisten III Setda Pemprov Jambi, Kadiskepora dan Jajaran serta Kepala OPD dilingkungan Pemprov Jambi dan tamu undangan lainnya.(afm)






loading...








Harga Kelapa Sudah Mulai Naik   

Harga Kelapa Sudah Mulai Naik  

Sabtu, 15/12/2018 13:25:57