Sekda: Akuntabilitas Kinerja Wujudkan Birokrasi Akuntabel, Efektif Dan Efisien



Kamis, 11 Oktober 2018 | 09:04:15 WIB



Dianto
Dianto

JAMBERITA.COM- – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Dianto mengungkapkan, akuntabilitas kinerja merupakan dasar dalam mewujudkan birokrasi yang akuntabel, efektif dan efisien, yang ditunjukkan melalui penggunaan anggaran demi kemakmuran rakyat.

Hal tersebut diungkapkan Sekda saat membuka Evaluasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2018, bertempat di Hotel Aston Jambi, Rabu (10/10/2018) siang.

“Pelaksanaan reformasi birokrasi sendiri, sudah memasuki tahap kedua yang ditandai dengan disusunnya road map reformasi birokrasi tahun 2015-2019 dan menetapkan ada 3 sasaran, yaitu, birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas,” ungkap Sekda.

Sekda mengemukakan, penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu program yang dilaksanakan dalam rangka reformasi birokrasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, tidak terkecuali pada Pemerintah Provinsi Jambi, karena ini adalah hal yang sangat penting dan strategis. Dalam implementasinya, SAKIP menguji akuntabilitas seluruh proses yang berlangsung dalam pemerintahan.

“Setiap pimpinan instansi pemerintah dapat melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP dilingkungannya, dan hasil evaluasi inilah yang digunakan dalam memperbaiki manajemen kinerja, khususnya yang berkaitan dengan kinerja pelayanan publik,” tutur Sekda.

“Marilah kita mencermati proses implementasi SAKIP maupun pelaksanaan reformasi birokrasi yang berjalan pada instansi masing masing. Rencanakan dan laksanakan aspek aspek yang dapat ditingkatkan dengan mempertimbangkan semua sumber daya yang ada,” lanjut Sekda.

Sekda menyampaikan, perlu adanya integrasi sistem perencanaan, penganggaran dan manajemen kinerja agar dapat merubah pola pikir serta sistem yang mengarah kepada penghematan anggaran, karena itu merupakan upaya dalam meningkatkan efektifitas dan efisensi dalam birokrasi.

“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta untuk megikuti kegiatan ini sebaik baiknya dan menjadikannya sebagai momentum dalam memperbaiki kinerja masing masing instansi serta meningkatkan seluruh komponen yang ada pada SAKIP, sesuai dengan arahan dari tim evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI,” tutup Sekda.

Asisten Deputi III Kementerian PAN RB, Kamaruddin,Ak.,M.Sc., evaluasi yang dilakukan oleh oleh Kementerian PAN RB adalah membantu Pemerintah Daerah supaya implementasi reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja aparatur bisa berjalan lebih baik lagi kedepannya. “Evaluasi ini dilakukan bukan hanya sekedar mendapatkan penilaian saja, tetapi untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang lebih baik lagi kedepannya,” ujar Kamaruddin.

“Pada prinsipnya, kami melakukan evaluasi ini adalah dalam rangka perbaikan secara berkelanjutan. Jadi, kami sangat memerlukan komunikasi yang baik dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, sehingga dapat menemukan solusi terhadap kendala kendala yang dihadapi dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi,” terang Kamaruddin.(*/sm)

 






loading...








Harga Kelapa Sudah Mulai Naik   

Harga Kelapa Sudah Mulai Naik  

Sabtu, 15/12/2018 13:25:57