Penyediaan WiFi Gratis Pemkot, Kominfo: Sudah Dianggarkan Rp1,1 Miliar



Rabu, 10 Oktober 2018 | 13:44:51 WIB



Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi Nirwan
Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi Nirwan

JAMBERITA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi terus melakukan penambahan WiFi gratis di beberapa fasilitas umum terutama taman yang ada di Kota Jambi.

Sebagian besar WiFi tersebut merupakan bantuan CSR dari beberapa perusahaan.

Namun, Pemkot juga menyediakan WiFi gratis yakni di sekitaran Taman Jomblo Kota Baru.

Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, Nirwan menyampaikan bahwa Pemkot Jambi telah menganggarkan sebesar Rp1,1 Miliar untuk Diskominfo.

Anggaran ini dipergunakan untuk penyediaan WiFi gratis, aplikasi website seluruh OPD dan penghubung yang bersifat online di lingkup Pemkot Jambi.

“Anggaran Rp1,1 Miliar tersebut secara keseluruhan yang ada di Diskominfo termasuk yang menghubungkan semua OPD,” ujarnya.

Nirwan menjelaskan bahwa wifi bantuan CSR dari perusahaan swasta diletakkan di tujuh titik. Diantaranya 7 taman diantaranya Taman Jomblo, Taman Jaksa, Taman PKK, Taman Simpang Pulai, Taman di Jembatan Makalam, Taman Remaja, dan Taman di Seberang Kota Jambi tepatnya di depan Sanggar Batik.

“Selain itu juga di dua kampung bantar di kawasan Jelutung dan Bagan Pete. Juga akan ada beberapa titik di kawasan Pasar yang saat ini sedang dipersiapkan,” terangnya.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa dari anggaran APBD Kota ada tiga titik WiFi yang diletakkan disekitar Taman Jomblo Kota Baru. Tepatnya di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kantor Satpol PP dan, Disperindag Kota Jambi.

“Kalau di Taman Jomblo ini banyak WiFi yang tersedia. Baik dari Pemkot maupun dari CSR,” lanjutnya.

Pada 2019 mendatang, jumlah WiFi akan ditambah dibeberapa titik lagi. Hanya saja, Nirwan belum bisa memastikan berapa jumlah wifi lagi yang akan diletakkan di fasilitas umum di Kota Jambi.

“Kalau WiFi itukan kebanyakan dari CSR. Biasanya Oktober ini baru diketahui jumlah pastinya. Biasanya pihak perusahaan akan langsung memberi tahu berapa jumlah yang mereka berikan. Dan akan kita tentukan dititik mana saja yang akan dipasang,” pungkasnya. (Cpm)






loading...