Belasan Ketua RT Jadi Caleg di Kota Jambi, Ini Kata Bawaslu



Rabu, 10 Oktober 2018 | 11:26:00 WIB



Ari Juniarman
Ari Juniarman

 

JAMBERITA.COM- Belasan ketua Rukun Tetangga (RT) di Kota Jambi diam-diam juga ikut ambil bagian pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. 

Mereka terdaftar di sejumlah partai politik (Parpol) sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Jambi.

Dari data yang berhasil dihimpun, ada 13 ketua RT yang terdata sebagai calon anggota parlemen. Ada Ketua RT A. Harisir. R yang dari PPP, Nusban Syairozi Berkarya, Nahrowi NasDem, Kemas A. Somad Demokrat, H. Muslim Gerindra.

Kemudian Hermanto PKPI, Wawan Sumantri Garuda, Kasiono Gerindra, Nawawi Hasan PDIP, Darpimas Ali Gerindra, Adri Wahyuni Hanura, Nuryani PDIP dan Ridwan Arif PAN.

Ketua Panwaslu Kota Jambi, Ari Juniarman membenarkan adanya Ketua RT yang ikut dalam proses Pemilu. Pihaknya mengetahui itu setelah adanya informasi dari masyarakat.

 “Benar ada informasi dari masyarakat, kita minta jajaran untuk mengecek itu,” ujarnya kemarin.

Ari mengaku pihaknya akan melakukan kajian dan investigasi terhadap aturan yang ada. Ini untuk mengetahui apakah melanggar aturan atau tidak. 

“Kita kaji dulu untuk melihat apakah masuk pelanggaran atau tidak,” ungkapnya.

Jika memang masuk pada ranah pelanggaran, pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi. “Kalau ada yang dilanggar, ya kita rekomendasi. Makanya kita kaji dulu,” katanya.

Apakah PKPU melarang ketua RT ikut nyaleg? Ari menyebutkan dalam PKPU memang tidak menyebutkan Ketua RT. Hanya saja dalam Perbawaslu ketua RT tidak diperbolehkan mengikuti kampanye hingga berujung pidana. “Kalau di PKPU memang tidak ada, tapi Perbawaslu Ketua RT tidak diperbolehkan mengikuti kampanye. Makanya kita kaji ini, mendalami aturan yang ada” terangnya.

Untuk beberapa daerah, kata Ari, aturan ini diatur secara khusus di peraturan Gubernur (Pergub) atau Peraturan Daerah. “Sedangkan Kota Jambi aturan itu (Perwali, red) tidak ada. Tapi kalau Permendagri ada yang dilanggar kita rekom juga,” pungkasnya.(*/sm)






loading...








Harga Kelapa Sudah Mulai Naik   

Harga Kelapa Sudah Mulai Naik  

Sabtu, 15/12/2018 13:25:57