Soal Uang Rp3 Miliar Yang Dikembalikan Apif, Ini Kata Adi Varial



Senin, 08 Oktober 2018 | 15:27:40 WIB



JAMBERITA.COM- Ayah Zumi Zola,  Zulkifli Nurdin, disebut pernah meminta anak buahnya mencari uang untuk keperluan anaknya yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi pada Pilkada 2015. Duit itu berasal dari sejumlah kontraktor di Jambi.

Awalnya jaksa KPK bertanya pada Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jambi Varial Adi Putra soal uang Rp 3 miliar dari anak buah Zumi bernama Apif Firmansyah. Adi membantah ada uang itu dari Apif, justru kebalikannya, dia mengatakan pernah memberikan Rp 3 miliar ke Zumi.

"Jadi waktu di 2015 berkaitan Pak Zulkifli Nurdin. Pada saat itu mau dekat pilkada, saya ketemu Pak Zul, dia dulu atasan saya sebagai gubernur, dia bilang, 'Tolong dibantu anak saya mau pilgub', saya bilang, 'Insyaallah kalau ada nanti saya sampaikan'," ucap Adi ketika bersaksi dalam sidang lanjutan dengan terdakwa Zumi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2018) seperti dikutip dari detik.com.

Adi mengaku mengumpulkan uang Rp 3 miliar itu dari sejumlah kontraktor. Semua uang itu disebut Adi diserahkannya ke Zulkifli.

Singkat cerita, Zumi pun terpilih sebagai Gubernur Jambi. Saat itulah, menurut Adi, muncul seorang kontraktor bernama Joe Fandy Yoesman alias Asiang. Dia tiba-tiba mengembalikan uang padanya, yang belakangan merupakan uang yang dikumpulkannya untuk Zulkifli.

"Malam itu, Pak Asiang telepon, 'Ini uang kamu dipulangin'. Saya ambil uangnya Rp 1,5 miliar, sisanya beberapa minggu kemudian oleh Pak Jefri Hendri, orangnya Pak Zulkifli Nurdin, Rp 1,5 miliar," ucap Adi.

Asiang yang juga dihadirkan dalam persidangan menyebut uang itu memang sedari awal sebagai pinjaman. Selain itu, menurut Asiang, ada bagian dari uang itu yang merupakan penjualan ruko yang dititipkan Zulkifli padanya.(*/sm)






loading...








Harga Kelapa Sudah Mulai Naik   

Harga Kelapa Sudah Mulai Naik  

Sabtu, 15/12/2018 13:25:57