Selalu Silaturahmi, Sakirin Pohan Utamakan Untuk Melihat Kerabat Yang Sakit



Jumat, 14 September 2018 | 08:38:09 WIB



Sakirin saat menjenguk kerabat yang sakit
Sakirin saat menjenguk kerabat yang sakit

JAMBERITA.COM-  Membesuk orang sakit merupakan sunah yang diutamakan bagi seorang Muslim terhadap sesama Muslim. Pernyataan ini di sampaikan tokoh pemuda Buluran Kenali Sakirin Pohan (13/9) kemarin ketika menjenguk salah seorang kerabatnya yang lagi di rawat Rumah Sakit MMC kemarin.

"Menjenguk orang sakit ini dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW yang selalu menengok sahabatnya yang terbaring sakit. Tujuan membesuk adalah menghibur keluarga orang yang sedang sakit, apalagi ini kerabat dekat kita sendiri,” ungkapnya.

Bahkan suami  dari ibu Tri Martati ini mengatakan Islam menetapkan syariat bagi Muslim ketika menengok orang yang tak sadarkan diri. Meski diyakini orang yang tak sadarkan diri itu tak mengetahui siapa saja yang datang menengoknya. Lalu kita yang menjenguk itu dianjurkan mendoakan orang yang dijenguk.

 “Apalagi Rasulullah mengajarkan kita saat menjenguk sang sakit, Rasul meletakkan tangan kanannya di atas bagian tubuh orang yang sakit dan mengucapkan doa, Ya Allah Tuhan manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan karena hanya Engkaulah yang mampu menyembuhkan. Tak ada kesembuhan kecuali yang datang dari-Mu. Sembuhkanlah dengan bentuk kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit lagi,” kata Sakirin.

Menurutnya, inilah tuntutan dari agama dalam menjenguk orang sakit, untuk membina hubungan sesama manusia. Berdasarkan anjuran ini Sakirin Pohan mengaku selalu menyempatkan waktu untuk menjenguk jika ada kerabat, tetangga dan kenalan yang sakit, ini bagian silahturahmi dalam tataran sosial kita.(*/sm)






loading...