Plh Bupati Merangin Ajak ASN Makmurkan Mesjid



Jumat, 24 Agustus 2018 | 07:40:57 WIB



Sibawaihi saat memberikan sambutan
Sibawaihi saat memberikan sambutan

JAMBERITA.COM, MERANGIN-Pelaksana harian (Plh) Bupati Merangin H Sibawaihi mengajak seluruh umat Muslimin dan Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk terus memakmurkan mesjid di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Hal tersebut ditegaskan Plh Bupati pada pengarahannya sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha 1439 H, di Mesjid Baitul Makmur Sungai Misang Bangko kemarin (22/8). ‘’Para ASN harus berperan dalam memakmurkan mesjid,’’ujar Sekda Merangin itu.

Ramaikan mesjid lanjut H Sibawaihi, dengan shalat lima waktu berjemaah dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Untuk itu para ASN harus berperan aktif untuk meramaikan dan memakmurkan mesjid tersebut.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Mesjid Baitul Bakmur yang diimami H Tengku Iskandar pimpinan pondok pesantren Limbur Merangin berlangsung khusuk, diikuti ratusan jemaah. Jemaahnya tidak hanya para ASN, tapi juga masyarakat umum.

Ketua Pengadilan Agama Negeri Merangin Mahmud Dongaran dalam khutbahnya, mengajak seluruh Jemaah mendalami makna Qurban. Khutbah ‘Refleksi Nilai-nilai Qurban’ itu, mampu membuat ratusan jemaah introspeksi diri.

Ditegaskannya, pengorbanan Ismail atas perintah Allah melalui mimpinya dilaksanakan dengan penuh keiklasan. Anak ‘semata wayang’ Nabi Ibrahim dengan Siti Hajar itu, rela disembelih yang kemudian diganti Allah dengan seekor domba.

‘’Makanya Lebaran Idul Adha kemudian disebut sebagai Lebaran Idul Qurban. Qurban merupakan ibadah klasik yang aktual karena dilakukan setiap tahun sepanjang masa. Banyak yang nilai-nilai yang terkandung didalamnya,’’ujar Mahmud Dongaran.

 Usai melaksanakan Shalat Idul Adha, Plh bupati memantau pelaksanaan ibadah Qurban di sejumlah masjid dalam Kota Bangko. Hewan yang disebelih di masjid-mesjid pada hari raya Qurban tersebut, tidak hanya kambing,tapi juga sapi dan kerbau.(adv)




Tagar:

# MERANGIN




loading...