Pimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Fasha: Kerja Kita, Prestasi Bangsa



Minggu, 19 Agustus 2018 | 22:07:35 WIB



Fasha menyerahkan bendera
Fasha menyerahkan bendera

 

JAMBERITA.COM - Pemerintah Kota Jambi sukses melaksanakan rangkaian Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia tahun 2018.

Puncak acara peringatan yang ditandai dengan Pengibaran Sang Merah Putih dan bunyi sirine tanda Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi Jumat pagi (17/8) itu, dipimpin oleh Wali Kota Jambi sebagai Inspektur Upacara (Irup). Sementara teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Jambi H. M. Nasir, SE.

Tampak pula hadir pada upacara itu, Wakil Wali Kota Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I, Kasdim 0415/Batanghari, Kapolresta Jambi, Dandenpom 2/II Jambi, Kepala PTUN Jambi, Ketua Pengadilan Negeri Jambi, Kepala Pemgadilan Agama Jambi, Kasi Pidsus Kejari Jambi, Kakan Kemenag Kota Jambi, Wakil Wali Kota Terpilih DR. Dr. H. Maulana, MKM, Sekda Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M. For, Sc, Staf Ahli, Asisten dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Jambi, para Camat, Lurah, TNI/Polri, ASN se-Kota Jambi, para veteran, pelajar, ormas, LSM, serta undangan lainnya.

Upacara yang berlangsung khidmat dengan komandan upacara Kapten Infanteri Abdur Rauf Alfansuri itu, diawali dengan penjemputan Sang Merah Putih dari kediaman dinas jabatan Wali Kota Jambi.

Sementara Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang dikomandoi oleh Lettu Cba Juf Hendri, juga tampak sukses melaksanakan tugasnya dengan sangat luar biasa. Pasukan pengibar dari pelajar-pelajar terpilih di Kota Jambi itu pun tampak mantap dan percaya diri hingga sukses menampilkan kemampuan terbaiknya dihari yang sangat sakral bagi bangsa Indonesia tersebut.

Usai upacara, kepada sejumlah awak media, Wali Kota Syarif Fasha mengaku sangat bangga bercampur haru dengan khidmatnya pelaksanaan upacara tersebut. Ia juga turut mengapresiasi petugas pengibar bendera yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Selain itu, Wali Kota Jambi telah terpilih untuk periode kedua itu, juga mengajak segenap lapisan masyarakat Kota Jambi, untuk memaknai Proklamasi Kemerdekaan sebagai titik balik dalam melanjutkan perjuangan pendahulu bangsa Indonesia.

"Para pahlawan telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk berjuang memerdekakan bangsa ini. Segenap jiwa dan raga dikorbankan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat. Sebagai generasi penerus, perjuangan dan pengorbanan para pendahulu itu tidak boleh kita siakan. Perjuangan mereka harus tetap kita kobarkan, dengan diwujudkan dalam tindakan dan kerja nyata. Mari kita mulai dari Kota Jambi, membangun daerah tercinta ini secara merata, berkeadilan dan berkelanjutan," tegas Fasha.

Ia juga berharap dukungan masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan dalam mengisi kemerdekaan ini, terlebih menyongsong di periode kedua kepemimpinannya. 

"Kami berharap besar dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat, untuk kami melanjutkan pembangunan Kota Jambi dimasa yang akan datang. Akan kami curahkan seluruh karya untuk memajukan Kota Jambi dua kali lebih baik dimasa yang akan datang. Semoga kita menjadi bagian dari sejarah gemilang Indonesia," tambahnya.

Momentum peringatan HUT Proklamasi di Kota Jambi itu juga dirangkai dengan penyerahan hadiah pemenang Kampung Bantar dan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota Jambi. Untuk Kampung Bantar pada tahun ini, ada 28 juara untuk Kategori Besar, 30 juara Kategori Sedang, dan 15 juara Kategori Kecil. Sedangkan untuk Kampung Bantar Kencana, keluar sebagai juara Kategori Besar RT 14 Kelurahan Kenali Asam Atas dan RT 02 Kelurahan Talang Bakung.

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Balaikota, diakhiri dengan penyerahan Tali Asih dari Wali Kota Jambi berikut Tumpeng Merah Putih yang berjumlah 73 buah kepada veteran dan janda veteran yang hadir dalam upacara tersebut. Tradisi yang senantiasa dilestarikan dalam rangkaian peringatan hari kemerdekaan di Kota Jambi itu adalah salah satu bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para veteran pejuang yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sementara itu dilokasi yang sama pada sore harinya dilakukan upacara penurunan Sang Merah Putih dengan Inspektur Upacara Dandim 0415/BTH Letkol Inf. Denny Noviandi, dan komandan upacara Kapolsek Jambi Selatan, AKP Rita Purnamasari, SH, MH.

Acara yang juga berlangsung khidmat itu, diawali dengan serenade dan parade senja, yang menampilkan pertunjukan musik, tarian, marching band, dan paduan suara. 

Kesuksesan yang sama pun dirasakan Tim Paskibra yang bertugas pada upacara penurunan bendera pada sore hari tersebut. Para pelajar terpilih itu tampak telah menunaikan tugas negara dengan baik dan sukses. 

Guna memberikan apresiasi atas suksesnya prosesi pengibaran dan penurunan Sang Merah Putih itu, Pemerintah Kota Jambi menggelar Resepsi Kenegaraan di Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi dengan mengundang unsur Forkompimda, jajaran Pemerintah Kota Jambi, petugas, pelaksana dan perangkat upacara serta para anggota Paskibraka, pembina dan pelatih.

Dalam sambutan apresiasinya, Fasha mengatakan, Pemkot melalui Dispora telah menyediakan hadiah berlibur sekaligus peningkatan kompetensi ke luar daerah bagi semua anggota Paskibraka, pelatih dan pembinanya. 

Rangkaian kemeriahan Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 di Kota Jambi diakhiri dengan Senam Merah Putih, Panjat Pinang, Olahraga Gembira Bersama, Aneka Lomba serta Hiburan bersama jajaran Pemerintah Kota Jambi dan Masyarakat. Acara bertemakan Semarak Merah Putih yang berlangsung Minggu pagi (19/8) di kawasan Car Free Day Pedesterian Jomblo (Tugu Keris Siginjai) dan Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi itu berlangsung meriah. ASN Pemkot Jambi dan masyarakat tampak antusias mengikuti lomba guna mendapatkan hadiah menarik serta merasakan kuliner yang disediakan gratis oleh Pemerintah Kota Jambi.(*/sm)






loading...