Apresiasi Kinerja PKK, Wali Kota Harap PKK Benteng Terakhir Ketahanan Keluarga



Kamis, 16 Agustus 2018 | 07:13:09 WIB



Peringatan HKG PKK ke-46 Tingkat Kota Jambi Tahun 2018
Peringatan HKG PKK ke-46 Tingkat Kota Jambi Tahun 2018

JAMBERITA.COM-  Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diharapkan menjadi benteng terakhir pertahanan di keluarga dan lingkungan masyarakat dalam mengatasi dampak dan pengaruh negatif, serta ancaman lainnya yang akan merusak moral generasi penerus bangsa.

Harapan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME saat membuka kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 Tingkat Kota Jambi Tahun 2018, di Aula Griya Mayang, Rabu pagi (15/8).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Fasha juga mengungkapkan peran yang erat, antara wanita dan gerakan PKK dalam keluarga dan pembangunan.

"Keluarga yang sejahtera, berkarakter dan mandiri, lahir dari peran seorang perempuan hebat dalam membantu kepala keluarga membangun rumah tangga, baik dalam aspek sosial, pendidikan, kesehatan serta ekonomi keluarga. Hal tersebut mustahil dapat terwujud jika tidak dimulai dari lingkungan keluarga yang kuat dan berkarakter," ujar Fasha.

Fasha pun turut mengapresiasi peran Tim Penggerak PKK Kota Jambi yang dinilainya berhasil berinovasi dan bersinergi dalam menjalankan aktifitasnya. Berbagai penghargaan baik ditingkat daerah maupun nasional adalah bukti pengakuan atas determinasi dan keberhasilan gerakan PKK di Kota Jambi selama ini.

"PKK adalah mitra kerja pemerintah, sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak. PKK turut serta dalam upaya ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga menuju masyarakat yang maju dan sejahtera. Pemberdayaan keluarga saat ini telah menjadi tolak ukur pembangunan. Kami berharap seluruh kader dapat mendorong masyarakat, agar tidak hanya berdiam diri melihat proses pembangunan, namun ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan itu sendiri hingga dapat membawa perubahan positif dan berarti bagi masyarakat Kota Jambi," harap Fasha.

 Peringatan HKG PKK ke-46 Tahun 2018 yang dihadiri kader dan pengurus PKK se-Kota Jambi itu mengangkat tema "Kerukunan dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Wujudkan Indonesia Damai". Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, SE, M. Si. Ak, dalam acara itu turut membacakan sambutan tertulis Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Sebagaimana diketahui, dibawah kepemimpinan Yuliana Fasha, TP PKK Kota Jambi senantiasa terus berupaya meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial jajaran pengurus dan kader PKK, agar Tim Penggerak disetiap jenjang mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

HKG PKK tahun ini berlangsung dengan menarik dan meriah. Keseruan pun muncul saat dilangsungkannya perlombaan merias bagi Lurah se-Kota Jambi. Bagaimana tidak, yang merias bukanlah Ibu Lurah, melainkan sang  suami yang mendadani sang istri. Gelak tawa pun pecah pagi itu. Tidak mau ketinggalan, para istri Camat se-Kota Jambi turut tampil memperagakan busana elegan berbalut Batik Jambi.

Peringatan HKG PKK ke-46 Kota Jambi yang dihadiri kader PKK se-Kota Jambi itu, juga menjadi wadah apresiasi kepada pemenang kegiatan perlombaan yang diinisiasi oleh TP PKK Kota Jambi. Diantaranya lomba defille, pidato, penyuluhan, cerdas cermat, desain, senam dan keterampilan kader posyandu, serta lomba 10 Program Pokok PKK. Sementara terpilih sebagai Juara Umum Pemenang Terbaik Lomba Jambore PKK Tingkat Kota Jambi, TP PKK Kecamatan Alam Barajo.

Turut hadir pada kegiatan peringatan HKG PKK ke-46 Kota Jambi, jajaran Forkompimda Kota Jambi, para Kepala OPD Kota Jambi, Camat, Ketua Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Jambi, Ketua Persit KCK Cabang XIII Kodim 0415/Batanghari, Ketua Persit KCK Cabang Denpom 2/II Jambi, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejari Jambi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Jambi, Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Jambi beserta Kader PKK, dan Organisasi Wanita se-Kota Jambi.(*/sm)






loading...