Warga Bersama Satgas TMMD Ciptakan Rasa Aman Berkat Poskampling



Kamis, 12 Juli 2018 - 15:18:29 WIB



SALATIGA - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Penugasan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-102 TA 2018 Kodim 0714/Salatiga, yang selama satu bulan tinggal menetap bersama masyarakat, benar-benar sudah menyatu dengan warga setempat. Sebanyak 150 prajurit Satgas yang tersebar di sejumlah dusun desa Bonomerto kecamatan Suruh Kabupaten Semarang sudah ibarat hidup ditengah keluarga sendiri.

Hal ini dibuktikan dengan seluruh prajurit yang tiap malam ikut giliran jatah ronda malam bersama warga, dengan keikutsertaan prajurit Satgas TMMD Kodim0714/Salatiga dalam ronda malam masyarakat semakain merasakan tenang, nyaman dan damai menikmati istirahatnya. Seperti yang dilakukan prajurit Satgas TMMD di Dusun Jaten, Desa Bonomerto. Satgaspun turut ronda dan patroli keliling bersama warga.

Serda Agung dari satgas TMMD memberikan pengarahan tentang apa yang harus dilakukan saat ronda dan pentingnya pos kampling bagi lingkungan,seperti mencegah terjadinya pencurian, orang sakit, atau pertolongan lain sehingga keberadaan poskampling sangatlah perlu. Dengan adanya kegiatan tersebut team satgas ikut dalam pengamanan dusun, bukan warga saja yang merasakan aman, namun lebih dari itu, warga yang berketepatan kena jatah jaga ronda pun nampak lebih bersemangat.

Suasana pos ronda yang sebelumnya sepi-sepi saja, sejak kehadiran Satgas kini terasa lebih hidup, ramai dan tidak sepi. Bahkan beberapa pemuda dusun pun ikut turut serta di pos ronda, bercanda dan bercengkerama bersama. “Kami warga dusun Jaten sangat senang dengan bapak-bapak tentara selama tinggal di dusun kami dan ikut menemani kami ronda malam. Warga merasa lebih tenang dan merasa jauh lebih aman. suasana pos ronda pun lebih rame,” kata Wardi (46) warga dusun Jaten.(*)

 

Dilaporkan: Imam Chanafi



Artikel Rekomendasi