Buka Bimbingan Manasik Haji, Fasha Berbagi Pengalaman Kepada Calon Haji Kota Jambi



Selasa, 10 Juli 2018 | 20:34:06 WIB



Fasha saat membuka bimbingan manasik haji
Fasha saat membuka bimbingan manasik haji

JAMBERITA.COM- Sebanyak 612 Calon Jamaah Haji asal Kota Jambi, mengikuti kegiatan Bimbingan Manasik Haji yang berlangsung di Gedung Asrama Haji Kota Jambi, Selasa pagi (10/7). Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, berkesempatan membuka secara langsung kegiatan akan dilaksanakan selama 2 hari tersebut.

"Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima, diwajibkan bagi mereka yang mampu. Mampu dari berbagai aspek, baik finansial, fisik yang baik, serta kondisi mental yang sehat. Ibadah ini sangat didambakan oleh setiap muslim diseluruh penjuru dunia. Alhamdulillah Bapak/Ibu, saudara kami berjodoh, diberi kelapangan dan kesempatan, serta kesehatan untuk menunaikan ibadah haji. Selamat kami ucapkan, rasa bangga dan bahagia kepada calon jamaah haji Kota Jambi yang Insyaallah menjadi tamu Allah," ujar Fasha dalam sambutannya.

Kegiatan tersebut dimanfaatkan Fasha untuk berbagi pengalaman dirinya dahulu saat menjalankan ibadah haji.

"Perjalanan haji merupakan suatu ibadah yang memerlukan ketahanan fisik dan mental yang tangguh. Berbagai persiapan harus kita siapkan untuk kesempurnaan ibadah. Namun yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan mental dan keikhlasan kita. Kita harus siap meninggalkan urusan dunia. Ikhlaskan keluarga, jabatan  dan harta, serahkan dan titipkan seluruhnya pada Allah SWT," jelas Fasha

Diakhir sambutannya, Wali Kota Fasha pun turut mendoakan seluruh calon Jamaah Haji dari Kota Jambi agar dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar selama di tanah suci.

"Saya atas nama Pemkot Jambi dan seluruh warga masyarakat Kota Jambi mendoakan, semoga seluruh jamaah haji diberi kelancaran, kesehatan dan kehusyu'an dalam menjalankan ibadah haji selama di tanah suci. Selamat perjalanan pergi dan kembali pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur," harap Fasha.

Sebelumnya, Kepala Kantor Agama Kota Jambi Drs. H. Rusli Adam, M.Hi dalam laporannya menyebutkan bahwa, 612 orang calon jamaah haji Kota Jambi, terdiri dari 261 orang laki-laki dan 351 orang perempuan. Mereka akan terbagi dalam 3 kloter (kelompok terbang), yaitu Kloter 20 sebanyak 442 orang, Kloter 22 sebanyak 144 orang, dan Kloter 26 sebanyak 26 orang.

"Jamaah haji Kota Jambjli yang tergabung dalam Kloter 20, 22 dan 26, akan berangkat ketanah suci melalui Embarkasi Batam. Sebelumnya pada tanggal 7 Agustus nanti, Kloter pertama akan dilepas langsung oleh Bapak Wali Kota Jambi," ujar Kandepag Kota Jambi tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Rusli Adam turut mengapresiasi upaya Pemkot Jambi dibawah kepemimpinan H. Syarif Fasha yang telah menginisiasi pembangunan Gedung SISKOHAT (Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu) Kota Jambi, yang berlokasi di Kantor Kementerian Agama Kota Jambi.

Menurutnya, bangunan yang merupakan satu-satunya ada di Provinsi Jambi tersebut, telah memberikan manfaat yang besar dan kemudahan dalam proses pelayanan haji di Kota Jambi.

"Perlu kami informasikan kepada Calon Jamaah haji sekalian, bahwa di Kota Jambi telah ada Gedung Siskohat berkat bantuan Wali Kota Jambi. Alhamdulillah dengan adanya Siskohat, mempersingkat durasi waktu pelayanan pendaftaran haji bagi calon jamaah haji yang selama ini memakan waktu 3-4 hari, namun sekarang selesai hanya dalam waktu 30 menit saja," pungkasnya.(sm)



Advertisement



loading...








Pengurus IKBJ Akan Dilantik Agustus Ini

Pengurus IKBJ Akan Dilantik Agustus Ini

Minggu, 15/07/2018 20:30:38
Bunda Yulia: Terimakasih BNNK Batanghari

Bunda Yulia: Terimakasih BNNK Batanghari

Minggu, 15/07/2018 10:33:43