Seleksi Segera Dimulai, Petahana dari Panwaslu Tidak Perlu Ikut CAT dan Wawancara



Jumat, 08 Juni 2018 | 17:33:37 WIB



Daftar tahapan seleksi.
Daftar tahapan seleksi.

JAMBERITA.COM - Seleksi Calon Bawaslu Kabupaten/Kota (dahulu Panwaslu,red) segera dimulai.  Kali ini ada mekanisme yang berbeda dalam proses seleksi calon Bawaslu. Ini karena petahana yang kini duduk di Panwaslu yang saat ini masih adhock bakal diseleksi kembali untuk menuju komisioner lembaga permanen.

Ketua Tim Seleksi Bawaslu Kabupaten/Kota, As’ad Isman mengatakan  jika peserta seleksi Bawaslu ada dua kategori. Pendaftar baru yaitu masyarakat yang mendaftarkan dirinya sebagai calon Bawaslu Kabupaten/kota yang kategorinyanya bukan existing dan bukan PAW.

“Existing ini adalah panwaslu kabupaten/kota yang saat ini sedang menjabat diseleksi berdasarkan UU 15 tahun 2011 yang sifat adhock. Sementara PAW adalah pergantian antar waktu bagi ekxisting yang juga diseleksi berdasarka uu 15 tahun 2011,” kata As’ad dalam jumpa persnya hari ini Jumat (8/6/2018) di Kantor Bawaslu Provinsi Jambi.

Ia mengatakan Pendaftar baru dan PAW akan mengikuti tahapan tes sesuai urusan dibawah ini yang memungkinkan gugur di setiap tahapan. Mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis cat dan tes psikologi, tes kesehatan, uji kelayakan dan kepatutan.

Selanjutnya, untuk peserta existing hanya mengikuti tahapan seleksi administrasi, evaluasi kinerja dan tes psikologi dan tes kesehatan serta menjalani uji kelayakan dan kepatutan. “Kalau hasil bincang-bincang kami kemarin, peserta exiting ini bisa langsung masuk 6 besar. Tapi tetap nanti tahapan tes psikologi dan kesehatan ikut. Siapa tahu ada yang sakit. Nanti juga pada proses evaluasi dari internal Bawaslu,” katanya.(sm)






loading...