Soal Tuntutan 7 Tahun ke Supriyono, Pengacara: Kami Akan Ajukan Pembelaan



Kamis, 07 Juni 2018 | 14:26:15 WIB



Supriyono saat berbincang dengan pengacaranya
Supriyono saat berbincang dengan pengacaranya

JAMBERITA.COM- Anggota DPRD Provinsi Jambi dituntut 7 tahun denda Rp 400 juta subsidair 4 bulan dalam kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2017. Jaksa juga menuntut agar hak politiknya dicabut untuk dipilih dalam jabatan publik.

Pengacara Supriyono, Herman Kadir mengatakan bahwa tuntutan tersebut cukup tinggi. "Ya memang tuntutannya cukup tinggi, kita akan mengajukan pembelaan (pledoi, red)," katanya usai sidang.

Menurutnya dalam kasus yang sama, Jaksa KPK menggunakan pasal yang berbeda untuk menjerat Erwan CS dan Supriyono. Ia juga heran kenapa Supriyono dianggap sebagai pelaku utama. Sementara Ia yakin ada inisiator dalam kasus ini yang lebih tetap dibilang sebagai pelaku utama.

Selain itu, Herman juga meminta agar jaksa KPK mengusut anggota DPRD lainnya yang disebut turut serta atau bersama-sama dengan Supriyono."Anggota DPRD lainnya yang disebut bersama-sama juga harus kena," ujarnya.

Menurutnya, meski sudah mengembalikan kerygian negara, namun hal itu tidak menghapus pidana. "Harus dijerat juga, meski sudah mengembalikan uang, pidanannya tidak bisa hilang," pungkasnya.

Terakit penolakan KPK terhadap Pengajuan JC Supriyono,  Manta Anggota DPR RI dari PAN ini menilai kliennya masuk dalam katogori sebagai JC.

"Kalau menurut kami memenuhi syarat sebagai JC, karena dia bukan pelaku utama," tegas Herman.(sm)



Advertisement



loading...