Kopiputih Akan Kawal Rekruitmen Bawaslu



Kamis, 07 Juni 2018 | 07:32:18 WIB



Kopi putih saat bertemu dengan KPU Provinsi Jambi baru baru ini
Kopi putih saat bertemu dengan KPU Provinsi Jambi baru baru ini

JAMBERITA.COM- Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi Bersih (Kopiputih) Provinsi Jambi tidak berhenti berkiprah.  Bahkan, komunitas ini siap mengawal rekruitmen Bawaslu 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi yang akan digelar sebentar lagi.

Komunitas ini sepertinya bakal berlanjutmengucapkan selamat atas terpilihnya tim seleksi calon anggota bawaslu kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Di dalam rilisnya, yang diwakili Sekretaris Jenderal dan Ketua Bidang Penelitian dan Advokasi, M Kurdi Zakaria dan J.B. Martien menyampaikan, penetapan timsel ini merupakan sebuah terobosan yang baik, karena yang terpilih sebagai tim seleksi bawaslu kali ini relatif berusia muda. "Kami melihat bahwa Provinsi Jambi tidak kekurangan tokoh-tokoh muda yang bisa dipercaya untuk menyeleksi  Penyelenggara Pemilu," ujar Kurdi Zakaria, yang saat ini didaulat menjadi Sekjen Kopiputih Provinsi Jambi.

Saat ini timsel secara resmi sudah dilantik. Bahkan timsel langsung dilakukan pembekalan sebelum secara resmi merekrut calon-calon penyelenggara yang berkualitas.

Oleh sebab itu, dalam bekerja nanti  pria yang sering disapa Kurdi ini mengingatkan dengan tegas agar tidak bermain-main. "Kami dari kopiputih mewarning tim seleksi agar menjaga integritas, bersikap proporsional dan bekerja profesional," ujar Kurdi lagi.

Kurdi meminta timsel meluluskan orang yang benar-benar siap bekerja. "Karena pengalaman sebelumnya mengajarkan kita ternyata kualitas dan integritas timsel sangat mempengaruhi hasil seleksi nantinya. Apakah kemudian kompetensi peserta seleksi benar-benar akan dihargai dan menjadi prioritas, atau hanya sekedar basa-basi karena yang akan lolos pun sudah diketahui dan itu-itu saja orangnya," ujar JB Martien, selaku ketua bidang penelitian dan advokasi menambahkan.

Menurut Martien, timsel harus mampu membangun trust kepada publik bahwa seleksi bawaslu kab/kota benar benar dilaksanakan secara terbuka tanpa ada yang ditutup-tutupi. "Sampaikan secara transparan kepada publik, jangan ada lagi istilah sudah ditetapkan baru musyawarah. Jangan ada lagi istilah pendaftaran baru dibuka, tapi nama-nama yang akan lolos sudah dipegang masing-masing timsel, jangan ada lagi istilah siapa dapat apa dan siapa bawa siapa, kalau ini terjadi maka orang-orang akan mikir untuk ikut berkompetisi," ujarnya.

Kopi putih, kata Martien, meyakini bahwa demokrasi yang bermartabat dan bersih itu dimulai dengan rekrutmen penyelenggara Pemilu yang kredibel. Oleh karena itu, kata Martien, kopi putih siap mengawal dan memantau pelaksanaan seleksi calon anggota Bawaslu kabupaten/kota di Provinsi Jambi. "Kopi putih berharap proses seleksi berjalan lancar dan menghasilkan calon anggota Bawaslu yang berintegritas dan kompeten,"  tutupnya. (*/sm)



Advertisement