Ini Dukungan Yang Dianulir KPU Namun Bisa Dibuktikan Salma Mahir, Ibnu Khaldun dan Almusyayat



Rabu, 06 Juni 2018 | 20:41:02 WIB



Dari Kiri, Ibnu Khaldun, Almusyayat dan Salma Mahir
Dari Kiri, Ibnu Khaldun, Almusyayat dan Salma Mahir

JAMBERITA.COM- Bawaslu Provinsi Jambi mengabulkan gugatan tiga bakal calon DPD RI yang sebelumnya tidak memenuhi syarat (TMS)  berdasarkan hasil penelitian administraai yang dilakukan KPU Provinsi Jambi baru-baru ini.

Pembacaan putusan atas pengajuan gugatan tiga calon DPD RI atas nama Ibnu Khaldun, Salma Mahir dan Almusyayat dilakukan sore ini Rabu (6/6/2018).

Pembacaan putusan dilakukan secara bergantian oleh tiga pimpinan Bawaslu yang diketuai Asnawi, anggota Afrizal dan Rofiqoh Febrianti.

Dalam pembacaan putusan, Bawaslu menilai ketiga bakal calon DPD RI bisa membuktikan dukungan yang sempat dianulir KPU karena tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). "Setelah diperiksa pemohon mampu menghadirkan bukti pendukung. Sehingga kami memberikan kesempatan ikut serta dalam faktualisasi dengan catatan SIIP harus dibenarkan terlebih dahulu,"kata Asnawi, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi usai pembacaan putusan.

Ibnu Khaldun misalnya disebut memiliki 152 pendukung yang tidak terdaftar di DPT. Pemohon menilai tidak masuknya nama pendukung yang sudah memiliki bukti kependudukan lengkap bukanlah kewenangan pemohon. Namun ini kewajiban termohon. Karena itu, berdasarkan hasil kesepakatan, pemohon wajib membuktikan 152, atau minimal 30 orang dan memperbaiki data di SIIP dalam waktu tiga hari.

Lalu, Salma Mahir disebutkan memiliki pendukung 225 TMS karena tidak terdaftar di DPT. Setelah dilakukan cek ulang di DPT Kota Jambi, Muaro Jambi, Tanjabtim, Sarolangun, ada 76 dukungan terdaftar di DPT dan seharusnya bisa memeuhi dukungan. Ini terjadi karena ada  kesalahan penulisan nama, NIK yang dilakukan operator dari pihak pemohon. Lalu Pemohon bersedia memperbaiki kesalahna input paling lama tiga hari.

Berikutnya, Almusyayat.  Jumlah dukungan yang memenuhi syarat berdasarkan hasil penelitian administrasi yang dilakukan KPU sebanyak 1.673. namun pemohon juga bisa membuktikan 372 dukungan yang dimiliki terdata di DPT. Hanya ada salah penulisan pada saat coklit data pada pemohon. Setelah diverifikasi ulang total jumlah dukungan 2045 dimana 1673 ditambah 372, sehingga dinyatakan lengkap.(sm)

 






loading...