Pemilih Tak Punya Surket Jadi Bahasan Khusus di Rakor Pilkada



Selasa, 15 Mei 2018 | 11:37:48 WIB



Suasana rakor Pilkada
Suasana rakor Pilkada

JAMBERITA.COM- Ketua KPU kota Jambi Wein Arifin mengakui ada 5.045 warga yang masuk daftar Pemilih Tetap (DPT) namun belum memiliki e-KTP maupun surat keterangan (Surket). Namun mereka sudah melakukan perekaman.

Padahal ini menjadi syarat untuk bisa menggunakan hak pilih nantinya di TPS. Hal ini terungkap dalam rakor Pilkada yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Selasa (15/5/2018).

Hal ini langsung ditanggapi asisten satu Setda pemerintah provinsi Jambi Apani, katanya jika masyarakat belum mempunyai surket namun masuk dalam DPT akan menjadi bahan gugatan saat di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Menurut Apani, ini KPU harus menindaklanjuti masyarakat yang punya surket tapi sudah masuk dalam DPT. Karena  dikhawatirkan ini akan jadi gugatan di MK nanti.

Sementara itu, PJs Walikota Jambi Fauzi mengatakan  pihaknya terus meningkatkan masyarakat yang belum merekam e KTP. "Masih ada 4.102 warga yang belum merekam e KTP, itu akan kita tindaklanjuti segera," ujar Fauzi.

Dia mengatakan saat ini pihaknya mendapat laporan potensi permintaan surat keterangan akan bertambah mencapai 444 surat keterangan.(sm)



Advertisement



loading...