Membangun Kota Yang Harmoni: Persembahan Kota Jambi untuk Indonesia



Senin, 14 Mei 2018 | 12:42:50 WIB



Tugu Keris Siginjai
Tugu Keris Siginjai

JAMBERITA.COM - Sebagai Kota Perdagangan dan Jasa penting di Koridor Tengah Sumatera, Pemerintah Kota Jambi terus memacu sumber-sumber ekonomi dan mengoptimalkan potensi daerah dalam upaya bersama memajukan kesejahteraan masyarakat, dengan mempertajam tujuan serta capaian program-program pembangunannya yang pro rakyat.

Dengan letak yang sangat strategis sebagai Ibukota Provinsi itu, telah menjadikan Kota Jambi sebagai etalase Provinsi Jambi. Berbagai keberhasilan pembangunan, inovasi dan apresiasi terus mewarnai perjalanan Kota Jambi sepanjang tahun 2013 hingga pertengahan 2018 ini.

Dengan mengusung motto “Kota Jambi Bangkit”, dibawah kepemimpinan Wali Kota H. Syarif Fasha dan H. Abdullah Sani telah banyak perubahan besar yang dilakukan dalam meningkatkan kapasitas Kota di berbagai bidang dan sektor Pembangunan. Rona fisik Kota Jambi pun saat ini jauh lebih estetik. Sarana prasarana dasar perkotaan semakin optimal dan diperluas akses serta juga cakupannya. Pembangunan lingkungan lebih ditujukan pada peningkatan kapasitas dan kearifan lokal yang berkelanjutan.

Saat ini infrastruktur perkotaan menjadi jauh lebih baik, berkualitas dan merata, termasuk taman-taman kota dan penyediaan air bersih. Pendidikan semakin berkualitas dan lebih terjangkau. Di bidang Kesehatan, tidak ada lagi istilah "Orang Miskin Tidak Boleh Sakit". Pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan sosial dilakukan lebih terpadu, terukur dan terarah agar tepat sasaran. Ekonomi  dan investasi daerah meningkat pesat guna membuka lapangan-lapangan kerja baru. Frekuensi aktivitas dan even-even kepemudaan serta olahraga meningkat dan beragam untuk menyalurkan energi dan kreasi positif generasi muda Kota Jambi. Kerukunan hidup masyarakat Kota Jambi yang majemuk senantiasa pula terpelihara dalam harmoni kebhinekaan.

Selain itu, Pemerintah Kota Jambi juga berhasil dalam Tata Kelola Pemerintahan yang baik dengan pola New Public Service-nya. Merubah paradigma, etos dan mentalitas ASN Kota Jambi menjadi Aparatur pekerja keras, berintegritas dan melayani sepenuh hati.

Dengan Inovasi Program Bangkit Berdaya dan Kampung Bantar, yang diinisiasi Wali Kota Jambi non aktif H. Syarif Fasha, Pemerintah Kota Jambi mampu membawa nama Kota Jambi mendunia, dan memperoleh penghargaan Internasional karena sukses menggerakan partisipasi masyarakat perkotaan dalam pembangunan. Selain itu, Pemerintah Kota Jambi juga aktif memainkan perannya didunia global diantaranya dengan menjadi anggota ICLEI (International Council for Local Environmental Initiatives), UCLG ASPAC (United Cities and Local Governments Asia-Pacific) dan DELGOSEA (Democratic Local Governance in Southeast-Asia).

Meningkatnya kepuasan masyarakat atas kinerja Pemerintah Kota Jambi pada survey Desember 2017 lalu yang mencapai 87 % menjadi bukti keberhasilan pembangunan diberbagai bidang dan sekaligus menjadi motivasi bagi jajaran pemerintah serta segenap masyarakatnya untuk semakin terus maju membangun Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Segenap upaya yang dilakukan itu telah menjadikan Kota Jambi sebagai Role Model Nasional dalam banyak hal. Banyak testimoni akan keberhasilan, kreatifitas dan inovasi yang telah dilakukan dalam Era Kebangkitan Kota Jambi disampaikan oleh berbagai pihak baik di dalam maupun dari luar Kota Jambi. Berbagai keberhasilan tersebut, ditandai dengan diraihnya 99 penghargaan, baik di Tingkat Provinsi Jambi, Tingkat Nasional, dan bahkan Internasional.

Tahun ini, Tanah Pilih Pusako Batuah telah berusia 617 tahun bersamaan dengan itu, Pemerintah Kota Jambi pun telah berusia 72 tahun. Kiranya momentum ini dapat memberikan spirit kolektif seluruh masyarakat Tanah Pilih untuk bersatupadu, berkarya dan bekerja nyata untuk Kota Jambi yang lebih maju, sejahtera dan berdaya saing dalam rihdo Allah SWT dengan terus memantapkan Sinergitas dan Kinerja Guna Mewujudkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat.

CAPAIAN PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN PEMBANGUNAN :

1. KINERJA EKONOMI

Kinerja ekonomi Kota Jambi menunjukan trend yang sangat baik, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) PDRB Kota Jambi berdasarkan data statistik tahun terakhir melampaui Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jambi dan juga Nasional.

Peningkatan ditunjukan dengan PDRB per kapita atas dasar Harga Berlaku, yang dari tahun ke tahun menunjukan peningkatan secara signifikan. Indikator ini menunjukkan bahwa secara umum selama setahun terakhir, telah terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Jambi secara relatif.

Untuk mendukung kinerja ekonomi itu, Pemkot juga terus mempertajam tujuan dan capaian program-program pembangunan bidang ekonomi yang diarahkan untuk peningkatan investasi, pembangunan, peningkatan infrastruktur perdagangan dan jasa, melanjutkan pembinaan dan penataan PKL, termasuk melakukan pemberdayaan bagi pelaku Usaha Kecil, menengah dan koperasi.

Sebagai bagian penting dalam mendongkrak aktivitas ekonomi yang akan menggerakkan faktor-faktor produksi dan menyediakan lapangan kerja baru, investasi harus menjadi lokomotif utama untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat.

Pada Tahun 2017 lalu Nilai Investasi PMDN melalui Izin Prinsip Penanaman Modal tercatat sebesar Rp 1,834 Triliun lebih, dengan realisasi sebesar Rp 1,610 Triliun (87,82%). Hal ini melampaui target yang ada dalam RPJMD yakni sebesar 85 %.

Untuk peningkatan investasi itu, Pemkot juga melakukan berbagai hal dalam memudahkan pengurusan perizinan, mulai dari peningkatan sumberdaya manusia, penataan ruang, SOP, dan pemanfaatan IT untuk perizinan. Sementara untuk meningkatkan kenyamanan dan pelayanan terhadap pengguna pasar, pemerintah Kota Jambi telah melaksanakan rehabilitasi dan mempercantik unit-unit pasar tradisional milik pemerintah, termasuk melakukan penataan fungsi pasar dan mengoptimalisasikan pasar induk Paal 10.

Di sektor industri, Pemkot terus mengupayakan eksistensi dan pertumbuhan industri kecil dan industri rumah tangga agar mampu bersaing dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dibidang Koperasi dan UMKM, sesuai dengan target RPJMD Kota Jambi, Pemkot dapat merealisasikan Koperasi Aktif dan UMKM mandiri masing-masing 5 unit sehingga sampai akhir 2017 jumlah Koperasi Aktif sebanyak 213 dan UMKM mandiri 165 unit.

Sementara disektor industri, Pemerintah Kota Jambi terus mengupayakan eksistensi dan pertumbuhan industri kecil dan industri rumah tangga agar mampu bersaing serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kota Jambi juga berencana menjadikan kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exibition) menjadi bagian yang penting guna mendukung pengembangan sektor Jasa dan Pariwisata di Kota Jambi.

2.PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DAN MERATA

Pemerintah Kota Jambi tetap fokus mewujudkan terselenggaranya pendidikan  yang bermutu, layak dan juga terjangkau melalui berbagai program yang terarah, terukur, tepat sasaran dan berkelanjutan, diantaranya dengan melanjutkan peluncuran sekolah swasta bebas pungutan (sekolah gratis), pemberian bantuan untuk meringankan beban siswa yang tidak mampu, meningkatkan jumlah even-even bertajuk peningkatan prestasi akademik, seni budaya, iman dan taqwa serta olahraga.

Dibidang Pendidikan, Pemerintah Kota Jambi telah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Jambi 2013-2018 seperti ditunjukkan dengan data

  • Angka Partisipasi Sekolah (APS) pada usia sekolah yang pada tahun 2017 ditargetkan 83,54%, dapat direalisasikan menjadi 117,78%
  • Tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi ditargetkan 94,57%, terealisasi menjadi 96,11%
  • Jumlah sekolah sesuai SNP pada semua jenjang pendidikan ditargetkan 80,00 %, terealisasi sebesar 101,25%.

Disamping itu, untuk memperkuat sumber daya Pendidikan, Pemerintah Kota Jambi senantiasa mendorong optimalisasi CSR yang diperuntukan bagi Bea Siswa, peralatan sekolah, bantuan alat peraga dan penunjang pendidikan, termasuk bantuan peningkatan sarana sanitasi di sekolah-sekolah.

3. PERLUASAN LAYANAN KESEHATAN

Pemerintah Kota Jambi terus mengupayakan kemudahan dan peningkatan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang murah dan berkualitas, seperti terus melakukan perbaikan dan peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana kesehatan, termasuk peningkatan kompetensi dan penyediaan SDM tenaga medis dan paramedisnya yang berkualitas.

Berbagai upaya dan inovasi terus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan manusiawi sesuai dengan standar yang ditetapkan, serta dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan status sosial  pasien.

Pada tahun 2017, dimasa kepemimpinan Wali Kota Jambi non aktif Syarif Fasha, Pemerintah Kota Jambi untuk pertama kalinya meraih Penghargaan Kota Sehat tingkat nasional SWASTI SABA PADAPA dari Presiden RI yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Sementara itu, guna memenuhi target RPJMD Kota Jambi dibidang kesehatan, pada tahun 2017 lalu telah direalisasikan lagi 5 unit puskesmas dengan pelayanan 24 jam. Sehingga sampai dengan saat ini seluruh Puskesmas di Kota Jambi sudah membuka Pelayanan 24 Jam, termasuk 2 puskesmas yang menyediakan pelayanan Rawat Inap bagi pasiennya, serta satu buah puskesmas telah naik statusnya menjadi rumah sakit daerah type D dengan nama RSU H. Abdurrahman Sayuti  yang berada di Kelurahan Olak kemang Kecamatan Danau Teluk Seberang Kota Jambi.

Sejalan dengan hal tersebut, RSUD H. Abdul Manap sebagai instalasi pelayanan kesehatan lanjutan juga terus ditingkatkan peforma layanan dan juga kenyamananannya untuk menjaga kualititas Sertifikasi Standar Akreditasi Layanan Rumah Sakit yang sudah di peroleh.

Disamping itu, untuk meningkatkan kecepatan layanan, efisiensi dan efektivitas operasionalisasi RSUD H. Abdul Manap dan juga Puskesmas-puskesmas yang tersebar di Kota Jambi, Pemerintah Kota Jambi telah menjalankan sepenuhnya Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dengan upaya-upaya yang demikian, diharapkan kebutuhan dasar kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat di Kota Jambi dapat dipenuhi.

Beberapa inovasi layanan kesehatan yang dipersembahkan untuk masyarakat Kota Jambi seperti :

  • Home Care (Pelayanan Kesehatan di Rumah)
  • Call Centre 119 (Layanan Kegawatdaruratan)
  • Klinik Lansia
  • One PUSKESMAS One Innovation
  • SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) untuk warga yang tidak/belum tercover melalui BPJS

4. INFRASTRUKTUR PERKOTAAN DAN PEMBANGUNAN LINGKUNGAN YANG BERKEPANJUTAN

Sejalan dengan misi membangun infrastruktur perkotaan yang merata dan berwawasan lingkungan, dengan juga memantapkan fungsi dan kedudukan Kota Jambi, baik sebagai Ibukota Provinsi Jambi maupun fungsinya dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, maka Pemerintah Kota Jambi terus berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan juga peningkatan sarana prasarana dan utilitas perkotaan yang baik dan memadai, yang merata dan terintegrasi dengan sistim perkotaan, serta mendukung kondisi lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Komitmen tersebut dapat terlihat dari peningkatan alokasi anggaran ke-PU-an dari tahun ke tahunnya. Pada Tahun 2017 lalu, Anggaran yang di alokasikan untuk kegiatan infrastruktur mencapai Rp 299,53 milyar, termasuk didalamnya Alokasi DAK ke-PU-an yaitu sebesar Rp 33,03 Milyar.

Sementara untuk APBD Murni tahun 2018 ini Pemkot telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 310,57 milyar, dengan DAK sebesar Rp 83,63 milyar. Pemkot juga mengupayakan sumber pendanaan melalui APBN untuk mempercepat peningkatan infrastruktur. Belum termasuk pendanaan dari APBD Provinsi Jambi sesuai kewenangan yang menjadi urusan konkurennya. Selain itu, Pemerintah Kota Jambi juga aktif memainkan perannya di organisasi internasional guna mencari sumber-sumber pendanaan dari lembaga dunia dan negara donor.

Beberapa hasil yang telah dicapai terkait dengan peningkatan dan pembangunan infrastruktur dalam kurun 1 tahun terakhir ini adalah :

-  Terlaksananya perbaikan dan rehabilitasi ruas jalan status Kota dengan Target rasio Panjang jaringan jalan yang baik sebesar 100% atau sepanjang 510,45 km dari total Panjang jalan Kota Jambi 510,45 km pada Tahun 2017 telah mencapai 92,00% atau sepanjang 496,16 km.

- Terlaksananya peningkatan drainase pada alur sekunder dan tersier, dengan Rasio Panjang drainase dalam kondisi baik sebesar 90,00% atau sepanjang 114,48 km dari total Panjang drainase Kota Jambi 127,2 km dan terealisasi sebesar 90,00% atau sepanjang 114,48 km.

- Target cakupan pelayanan air minum di Kota Jambi sebesar 80,00% dari total potensi SR yang ada di Kota Jambi dan terealisasi sebesar 75,00% dengan total SR 72.965.

- Melalui Program Bangkit Berdaya pada Tahun 2017 telah dilaksanakan pekerjaan Pembangunan Jalan Setapak Rabat Beton, drainase, dan Pos Kamling yang tersebar di 11 Kecamatan dalam Kota Jambi.

- Dalam pengembangan Sistem Distribusi Jaringan Air Bersih/Air Minum, telah dilaksanakan peningkatan kualitas dan perluasan cakupan pelayanan air bersih, diantaranya Pemasangan Instalasi pada Booster Sunan Gunung Jati, Jatayu, M.Kukuh. Pemasangan pipa distribusi IPA Broni ke Jalan Sumantri, Pemasangan Pipa Tersier Jalan Sultan Hasanuddin serta pemasangan sambungan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

- Selain itu pembangunan SPAM kawasan RSUD H. Abdul Manap ke Kelurahan Mayang Mengurai, Pengadangan dan pemasangan Pipa HDPE Kelurahan Kasang Jaya sampai dengan Kelurahan Sijenjang, Pengadangan dan pemasangan Pipa tersier dan sekunder.

- Untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Gedung/Utilitas Pemerintah, Tahun 2017 telah dilaksanakan pembangunan Ruang Kelas Baru, pembangunan dan rehabilitasi kantor kecamatan dan kelurahan, Pembangunan dan Rehab Puskesmas.

Selain kegiatan fisik diatas, untuk penataan dan penanganan kawasan kumuh, serta pengurangan jumlah rumah tidak layak huni serta pengurangan backlog perumahan, sebagian akan dapat dilaksanakan pengerjaan fisiknya pada tahun 2018 ini.

Sementara itu, terkait penyelenggaraan urusan penerangan jalan umum dan pemukiman diantaranya adalah fokus pada penambahan pemasangan lampu LED sebanyak 652 titik pada Jalan Arteri dan 507 titik pada Jalan-jalan lingkungan, selain itu juga dilakukan pemasangan lampu High Mesh sebanyak 38 titik untuk merespon isu pemanasan global dan pembangunan hijau serta penghematan energi. Selanjutnya lampu-lampu yang diganti tersebut di pindahkan untuk meningkatkan sebaran penerangan umum pada lingkungan-lingkungan permukiman masyarakat.

Kota Jambi termasuk kota di Indonesia yang mendapatkan berbagai bantuan program dan kegiatan untuk mendukung pembangunan lingkungan hidup berkelanjutan. Berkat kesungguhan dan kerja keras, pada tahun ini akan dilaksanakan tender pembangunan fisik untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah Skala Kota (Sewerage System) di Kecamatan Jambi Timur senilai ± Rp 625 Miliar, dan Pembangunan TPA Sanitary Landfill dari KfW (Bank Pembangunan Jerman) sebesar ± Rp 225 Miliar. Sementara sebelumnya, dari bantuan UNESCAP PBB, Pemkot juga telah mendapatkan bantuan Pembangunan Instalasi Pengolahan Sampah menjadi Energi (Waste to Energy) sebesar US  $200.000 di Pasar Talang Banjar, yang saat ini sudah selesai dan dapat dimanfaatkan.

Selain itu, Pemkot juga senantiasa berupaya memastikan terlaksananya dengan baik implementasi dari kebijakan yang telah diterbitkan terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup, peningkatan estetika kota, termasuk menerapkan beberapa inovasi daerah, seperti Gerakan Sejuta Biopori, Komitmen Kota Hijau dan Gerakan Menanam Pohon, Perluasan Pengembangan RTH, Bank Sampah, Kampung Bantar, termasuk Bangkit Berdaya, program prestisius yang diinisiasi Wali Kota Jambi non aktif Syarif Fasha yang telah menjadi percontohan dunia hingga berhasil meraih penghargaan Recognition in 11st best citizen participation dalam IOPD (International Observatory on participatory Democracy) di Canada. Atas raihan prestasi itu akhirnya menempatkan Kota Jambi sebagai 30 Kota Terbaik di dunia.

5. PELAYANAN PUBLIK DAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN

Untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang berkualitas, pemerintah Kota Jambi telah menerapkan prinsip-prinsip New Public Service, yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara demokratis, adil, merata, tidak diskriminatif, jujur dan akuntabel.

Pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPTSP) saat ini lebih efisien dengan penerapan teknologi informasi (TI) yang terintegrasi dengan program Smart City. Pelayanan dilakukan dengan pola mendekatkan pemerintah kepada masyarakat, setiap berkas perizinan yang masuk dapat dipantau atau bisa dilihat prosesnya dari rumah oleh pemohon, yang tentunya lebih pasti, terukur dan transparan. Selain memangkas birokrasi, pelayanan perizinan untuk sekala menegah dan kecil juga dapat dilakukan hanya di Kecamatan melalui pelayanan PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan).

Di bidang Aparatur Pemerintah Kota Jambi terus mereformasi tata kelola pemerintahan dan ASN, melalui peningkatan efektifitas OPD, penempatan pegawai yang kapabel dan berintegritas, yang bebas Narkoba, merubah paradigma aparatur dari yang dilayani menjadi aparatur pekerja keras yang melayani serta membuka peluang bagi pegawai untuk berkreasi dan berinovasi serta mengembangkan diri, termasuk mengimplementasikan kebijakan reward and punish di lingkungan pemerintah.

Tentu saja kebijakan yang ditempuh tersebut, diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan pegawai, melalui pemberian Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi seluruh pegawai, sesuai dengan kapasitas dan beban kerjanya, termasuk kepada PTT dan PHL di Lingkup Pemerintah Kota Jambi sesuai dengan tingkat Pendidikan dan keahlian yang dimiliki.

Selain itu pemerintah Kota Jambi senantiasa berupaya melakukan peningkatan kualitas SDM ASN, diantaranya melaksanakan pendidikan dan pelatihan reguler sesuai kebutuhan, termasuk Pendidikan Karakter (NCB) dan Revolusi Mental. Lebih dari pada itu, melalui Pemerintah Pusat, Kota Jambi juga menjalin kerjasama peningkatan SDM dengan Pemerintah Singapura, dan Korea Selatan. Sejak Tahun 2014, yang telah mengirim ASN ke tiga Negara tersebut. Tahun ini dalam program Singapore Coorporate Programme (SCP), yang ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Singapura,  Pemerintah Kota Jambi telah mengirimkan lagi ratusan orang ASN Pemerintah Kota Jambi.

INOVASI DAN PRESTASI

  1. Sekolah Swasta Gratis
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk pengobatan gratis.
  3. Bantuan dana bagi pasien rujukan dan juga pendamping.
  4. Home Care (Layanan Kesehatan di Rumah).
  5. Klinik Lansia
  6. Berkantor di Kelurahan
  7. Gerakan 1 Juta Biopori
  8. Kampung Hidroponik dan Kampung Flory
  9. Kewajiban pemilik Ruko menanam pohon sejumlah tingkat lantainya.
  10. Kewajiban menanam dan memelihara pohon bagi PNS dan anak sekolah
  11. Taman Sejuta Cinta ; yang berisi pohon-pohon yang wajib ditanam oleh setiap Calon Penganten.
  12. Kewajiban Pengembang Perumahan menyediakan RTH.
  13. Penerapan Perda Tentang Pemberantasan Prostitusi sampai ke tingkat Pangadilan Negeri.
  14. Kampung Bantar (BERSIH, AMAN DAN PINTAR) dan Bangkit Berdaya (BANGUN KELURAHAN SECARA INTENSIF DAN TERPADU BERASASKAN SWADAYA) dengan konsep perlibatan masyarakat sejak dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan program-program sosial, ekonomi, fisik dan infrastruktur untuk : percepatan pembangunan sarana prasarana dan utilitas lingkungan dan sanitasi masyarakat perkotaan ; meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan lingkungan (gotong royong), dan peningkatan kesejahteraan masyarakat(*/sm)


Advertisement



loading...