Dede: Inovasi dan Entrepreneurship Untuk Pembangunan Pertanian



Minggu, 13 Mei 2018 | 23:55:59 WIB



Suasana Rakerwil BPW PISPI Provinsi Jambi
Suasana Rakerwil BPW PISPI Provinsi Jambi

JAMBERITA.COM – Dede Martino, anggota Dewan Pakar BPW Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Provinsi Jambi menekankan pentingnya inovasi dan jiwa entrepreneurship dalam sistem manajemen pertanian untuk perbaikan pembangunan pertanian di Provinsi Jambi. Ini terungkap dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) BPW PISPI Provinsi Jambi yang digelar Sabtu lalu (12/05/2018) di Saung Purnama, Kawasan Pattimura, Jambi.

Menurut Dede, masyarakat dunia sudah mengubah pola bisnisnya, tidak lagi hanya berpedoman pada penawaran (supply) dan permintaan (demand), tapi sudah memasukkan unsur inovasi dan entrepreneurship dalam setiap produk yang akan dipasarkan, termasuk produk-produk hasil pertanian.

“Contohnya, bagaimana dulu HP Nokia begitu digemari masyarakat, namun sekarang meredup namanya. Beda dengan Apple I-Phone yang masih bertahan. Itu karena inovasi,” terang Dede.

Dede menambahkan, dengan inovasi, petani harus bisa memasukkan nilai tambah dalam setiap produk hasil pertanian. Ini akan menyebabkan harga jual produk meningkat. “Lateks harganya murah, tapi kalo sudah dimasukkan nilai tambah di dalam lateks sehingga menjadi sepatu karet, harga jualnya jadi tinggi,” terang Dede.

Baca juga : BBS Minta PISPI Buat Peta Komoditas Unggulan Per Wilayah

Hal senada disampaikan oleh Elwamendri, Ketua Bidang Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat PISPI Provinsi Jambi. Menurut Elwa, mayoritas petani Jambi hanya fokus pada ranah produksi, padahal untuk peningkatan kesejahteraan, petani harus bisa mengelola agribisnis sebagai sebuat sistem.

“Mindset itu harus diubah, petani harus berperan dan terlibat mulai dari hulu sampai hilir. Mulai dari input, produksi, pengolahan sampai pemasaran. Ini yang dinamakan peradaban baru pertanian,” terang Elwamendri.

Rakerwil dibuka dengan arahan dari Ketua BPW PISPI Jambi, Amrin Azis. Dalam arahannya Amrin Azis menyampaikan bahwa PISPI memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan peran Sarjana Pertanian dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan dan berkeadilan, sesuai dengan misi PISPI.(one)

 

 




Tagar:

# PISPI

Advertisement



loading...