Makam Istri Gubernur Abdul Manap dan H Makalam Dipindahkan ke Sungai Bertam



Kamis, 10 Mei 2018 | 19:13:44 WIB



Suasana pemindahan makam
Suasana pemindahan makam

JAMBERITA.COM - Makam Istri Gubernur Jambi Ketiga Abdul Manap, Hj Siti Raimin Binti H Makalam dari Kebun Jahe dipindahkan ke makam TPU Makalam di Sungai Bertam Kabupaten Muaro Jambi sekitar pukul 08.00 Wib, Kamis (10/5/2018).

Anak yang dituakan dari Keluarga Abdul Manap, Haji Tommy Effendy Manap (78) mengatakan, pelaksanaan berjalan lancar.

"Alhamdulillah proses pemindahan berjalan dengan lancar," ungkap Tommy saat ditemui Jamberita.com di kediamannya di kawasan Kenali Asam Bawah, Kota Jambi.

Bukan hanya Istri dari Abdul Manap saja, tetapi juga makam dari Walikota Jambi yang Pertama bersama Istri yaitu H Makalam dan Hj Siti Oemboek dan juga Drs H M Radjai Bin Ali Sudin juga dipindahkan ke Sungai Bertam.

"Sebelumnya kita sudah minta izin dengan Pemda Kotamadya dan tadi diadakan upacara, sambutan lurah dan RT tadi," terangnya.

Dijelaskannya, pemindahan makam tersebut sudah melalui kesepakatan bersama dari keluarga besar, karena mengingat pemakaman di Kebun Jahe sudah padat.

"Karena kami disana (TPU Bertam,Red), punya makam keluarga yang kebetulan berdampingan dengan Almarhum Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi yaitu Zoerman Manap yang baru-baru ini telah meninggalkan kita," katanya. 

Selain itu, ini juga merupakan saran dari Walikota Jambi sebelumnya H Sabki kepada keluarga Manap untuk menyiapkan tanah atau lahan pemakaman karena pemakaman di kotamadya sudah padat hingga menyarankan untuk mencari lahan yang lebih luas lagi.

"Maka dari itu melalui musyarawah keluarga kita mencari lahan yaitu di Sungai Bertam dengan luasan 1,1 Hektar," jelasnya.

Pemakaman di Sungai Bertam tersebut, bukan hanya untuk keluarga Manap, namun, terang Tommy masyarakat Jambi juga diperkenankan jika perlu lahan pemakaman untuk keluarga atau saudaranya yang meninggal.

"Disilahkan, jadi bukan khusus untuk keluarga Manap, bukan juga Makalam tapi silakan bagi masyarakat jika membutuhkan untuk makam disana," pungkasnya.(afm)






loading...