Sekda Launching BUMDes Plus Tanjung Benuang



Selasa, 08 Mei 2018 | 19:50:47 WIB



Sekda Merangin Sibawaihi kemarin (8/5/2018), melounching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Plus Tanjung Benuang
Sekda Merangin Sibawaihi kemarin (8/5/2018), melounching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Plus Tanjung Benuang

JAMBERITA.COM, MERANGIN - Sekda Merangin Sibawaihi kemarin (8/5/2018), melounching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Plus Tanjung Benuang Kecamatan Pamenang Selatan. Acara yang berlangsung meriah tersebut, dipusatkan di Pasar Kamis desa setempat.

Sekda mengaku sangat memberikan apresiasi kepada warga Desa Tanjung Benuang yang kini telah memiliki BUNDes, yang bergerak di berbagai bidang usaha bertujuan mensejahterakan masyarakat.

‘’Jadi kehadiran BUMDes ini untuk mensejahterakan masyarakat. Sekarang ini memang kepala desa dituntut bagaimana bisa mensejahterakan masyarakatnya, dengan berbagai inovasi pembangunan desa,’’ujar Sekda.

Seorang kepala desa lanjut Sekda, tidak bisa lagi bekerja hanya berdasarkan rutinitas sehari-hari saja. Pagi hari dari rumah pergi ke kantor, lalu bekerja mengalir begitu saja dan sorenya pulang ke rumah.

Para Kades harus berinovasi dalam membangun desa. Dituntut pemikiran dan konsep serta kemitraan dengan berbagai instansi untuk kemajuan desa. Sekda yakin bila kadesnya terus berinovasi, maka masyarakatnya akan cepat sejahtera.

Berbagai bidang usaha pada BUMDes Tanjung Benuang tersebut diantaranya, pengelolaan Pasar Kamis, ternak ikan lele, dimana untuk kolam ukuran 4x5 meter bisa diisi benih lele sebanyak 20 ribu ekor dan akan panen sekitar dua ton ikan lele.

Selain itu, juga ada usaha kreativ furniture, dimana para pengrajin dari desa itu telah sukses membuat furnitur kontenporer dari bahan limbah. Limbah akar kayu disulap menjadi kursi dan meja.

Disamping itu, juga ada home industri yang menghasilkan berbagai jenis makanan ringan. Tidak hanya keripik dan kerupuk aneka jenis, tapi juga berbagai makanan yang bermuatan kearifan lokal. (adv)




Tagar:

# MERANGIN




loading...