Sekda Batanghari Rapat dengan Kadishub Provinsi Bahas Angkutan Batu Bara



Rabu, 25 April 2018 | 06:57:20 WIB



Rapat koordinasi di Batanghari
Rapat koordinasi di Batanghari

JAMBERITA.COM, BATANGHARI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari menghadiri rapat koordinasi pembangunan rute khusus angkutan batu bara di empat wilayah di Ruang Pola Kantor Bupati Batanghari pada Selasa (24/4) sekitar pukul 10.00 wib.

Adapun wilayah tersebut yakni Kabupaten Sarolangun, Batanghari, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Pada kesempatan itu turut hadir, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Asisten III Provinsi Jambi Ir. Tagor, Kepala Dinas ESDM Provinsi, Ketua Asoiasi Perusahaan Batu Bara, dan tamu undangan terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Asisten III Provinsi Jambi Ir.Tagor mengatakan bahwa saat ini ribuan angkutan batubara yang melewati jalan umum dengan jumlah ratusan mobil yang melintasi tiap harinya.

"Saya berharap agar angkutan batubara di jalan umum ini ditertibkan secepatnya. Hal ini merupakan permintaan dari masyarakat, bahwasanya sampai saat ini 1200 armada perhari yang melintas, tentunya jika harga batubara ini naik maka armada akan bertambah lagi," ujar Tagor.

Dikatakan Tagor ada tiga poin mengenai batu bara. Pertama, Rencana jangka pendek jadwal atau jam lewatnya angkutan batubara.

Yang kedua masih banyak sopir yang mencuri jam keberangkatan. Ketiga jangka menengah ini untuk jalan Sridadi sampai kota Jambi. Dan untuk jangka panjang membuat jalan khusus.

"Ada beberapa poin yang kita lakukan, semua sudah kita bahas dan menunggu perkembangan selanjutnya," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Batanghari H.Bakhtiar, SP mengatakan akan membahas Memoredum of Understanding (MOU) bersama pihak perushaan batu bara.

"Terkait jalur alternatif yang akan digunakan karena saat ini sebagian jalan memang masih dipenuhi lubang. Untuk itu kita akan membahas MoU," ujar Bakhtiar.

Bakhtiar mengatakan pihak perusahan berkomitmen akan bertanggung jawab terhadap perbaikan jalan alternatif tersebut, sehingga perlu dilakukan MoU antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari dengan pihak perusahaan.

"Mereka telah berkomitmen akan menghandle perbaikan jalan tersebut," tandas Bakhtiar.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan menjelang lebaran ini tingkat kepadatan sudah mulai luar biasa, masyarakat berkeinginan jalan yang dilalui angkutan batubara dibuat rekayasa lalu lintas menjelang bulan suci Ramadhan.

"Kita akan buat rekayasa jalan sebelum ramadhan dan idul fitri nanti," sebutnya. (one)





Advertisement



loading...