Wawancara oleh Komisioner Provinsi, Keputusan 5 Besar KPU Kabupaten Di Tangan KPU RI



Jumat, 20 April 2018 | 17:23:01 WIB



Wahyu Setiawan
Wahyu Setiawan

JAMBERITA.COM- Seleksi akhir Calon KPU Kabupaten di 7 daerah di Provinsi Jambi bakal dilakukan oleh Komisioner KPU Provinsi Jambi yang baru terpilih. Hanya saja keputusan penentuan lima besar erpilih di tangan KPU RI.

Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan mengatakan jika keputusan penetapan lima komisioner terpilih di kabupaten saat ini berada di KPU RI. Ini berbeda dengan periode sebelumnya.

"Iya memang untuk penetapan KPU Kabupaten dan Kota sekarang ini di KPU RI,"katanya.

Hanya saja, dalam uji kelayakan bisa saja pihaknya mendelagasikan kewenangan tersebut ke KPU Provinsi. Ini mengingatkan ada 515 KPU Kabupaten. Sehingga tidak memungkinkan jika harus langsung melakukan wawancara.

"Hasil kajian kita tidak memungkinkan fit and proper test secara langsung karena bisa berbulan bulan sehingga ada kemungkinan kita delegasikan ke KPU Provinsi,"katanya.

Hanya saja, yang melakukannya bukan komisioner yang ada saat ini. Tapi komisioner yang baru. Hasil wawancara nantinya dilaporkan ke KPU RI dan yang memutuskan juga tetap KPU RI. "Mereka bisa memberikan masukan. Tapi keputusan di KPU RI,"katanya.

Adapun jadwalnya setelah pelantikan komisioner baru pada 24 Mei mendatang. "Masih memungkinkan karena masa jabatan KPU  kabupaten masih  beberapa bulan lagi,"pungkasnya.

Seperti diketahui masa jabatan komisioner lama sendiri berakhir pada 24 Mei mendatang. Sementara tahapan seleksi sendiri di tingkat tinggal menunggu keoutusan KPU RI. Sementara untuk 7 KPU masih berjalan di tim seleksi.(sm)



Advertisement











73 Persen Masyarakat Ingin Pemimpin Baru

73 Persen Masyarakat Ingin Pemimpin Baru

Sabtu, 26/05/2018 11:53:33