Relawan Dorong Gatot-Cak Imin Duet di Pilpres, Begini Hitungan Elektabilitasnya



Minggu, 15 April 2018 | 11:24:26 WIB



 

JAMBERITA.COM- Bursa pasangan baru  calon presiden dan wakil presiden hingga saat  ini terus mencuat. Berbagai skenario coba dibangun tim dan relawan. Termasuk melawan petahanan Jokowi.

Salah satunya skenario dari Pro 1 (Pro One) Nasional dengan mendeklarasikan dukungan terhadap Gatot Nurmantyo untuk berpasangan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Kelompok ini membentuk Pondok Gatot Muhaimin.

Seperti dilansir dari detik.com, Ketua Pro 1 (Pro One) Nasional Baihaqi Maisin menilai pasangan Gatot-Cak Imin merupakan pasangan yang cocok karena berlatar belakang sipil dan militer. Selain itu, menurutnya, pasangan tersebut dapat mewakili aspirasi generasi milenial. 

Namun kedua pasangan ini elektabilitasnya masih kalah dengan Presiden Joko Widodo dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Ini bisa terlihat dalam survei terbaru yang digelar KedaiKopi pada Sabtu (14/4/2018) kemarin.

Survei Nasional Opini Publik digelar KedaiKOPI dengan jumlah responden sebanyak 1.135 orang pada 19-27 Maret 2018. Survei dengan metode wawancara tatap muka ini punya margin of error +/- 2,97 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya, Jokowi posisi teratas top of mind masyarakat sebagai calon presiden (35,1%), sedang Prabowo berada posisi berikutnya dengan 12,0%. Lalu diikuti sejumlah nama lainnya, Gatot Nurmantyo (1,1%),

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo ini mengungguli Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan dalam hasil survei elektabilitas calon wakil presiden.

Gatot memperoleh 17,5 persen, disusul Agus Harimurti Yudhoyono 8,7 persen, Anies Baswedan 8,6 persen dan TGB Zainul Majdi 6,2 persen. Sedangkan, Abraham Samad 4,1 persen, Tito Karnavian 3,9 persen dan Muhaimin Iskandar 1,7 persen.

Untuk pasangan Jokowi, Gatot mengungguli calon lain. Dalam pilihan responden saat disodorkan nama-nama untuk mendampingi Jokowi sebagai cawapres di Pilpres 2019.

Gatot Nurmantyo memperoleh 16,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 7,7 persen, Anies Baswedan: 6,3 persen dan TGB Zainul Majdi 5,7 persen. Sedangkan calon lain, Abraham Samad 4,0 persen, Tito Karnavian: 3,6 persen dan Muhaimin Iskandar 2,1 persen

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Vivi Zabkie mengatakan, Gatot Nurmantyo memang menjadi favorit untuk posisi cawapres. Setelahnya ada Agus Harimurti Yudhoyono (8,7%), Anies Baswedan (8,6%), TGB Zainul Madji (6,2%).

"Abraham Samad (4,1%), Tito Karnavian (3,9%), Muhaimin Iskandar (1,7%), Rizal Ramli (1,1%) dan nama nama lainnya," kata Vivi dalam keterangan tertulis KedaiKOPI. (*/sm)



Advertisement



loading...