Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Resmi Ditutup, Ini Para Juaranya



Minggu, 08 April 2018 | 13:33:04 WIB



Kepala Kadiskepora Provinsi Jambi Wahyuddin saat menutup olahraga tradisional tingkat Provinsi Jambi Minggu siang (8/4/2018)
Kepala Kadiskepora Provinsi Jambi Wahyuddin saat menutup olahraga tradisional tingkat Provinsi Jambi Minggu siang (8/4/2018)

JAMBERITA.COM - Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Provinsi Jambi Wahyuddin menutup Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Minggu siang ini (8/4/2018) di lapangan Stadion Mini Telanaipura, Kota Jambi.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan  piala dan uang pembinaan kepada tiga peserta terbaik olahraga tradisional tingkat Provinsi di lapangan Stadion Mini Telanaipura Kota Jambi. Minggu siang, (8/4/2018).

Adapun juara satu terbaik berhasil diraih oleh peserta Kabupaten Batanghari dengan menampilkan permainan Bergandeng Besamo dan Hubungan Api.

Juara ke II Kabupaten Tebo dengan peragaan olahraga tradisional Suruk Surukan Sarung, di Bulan Purnama.  Juara ke III diraih oleh Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dengan penampilan terakhir sebagai penutup kegiatan yaitu Bakul Nyiur.

Masing masing dari tiga peserta terbaik tersebut selain menerima piala juga menerima uang pembinaan, Batanghari sebesar Rp. 7, juta, Tebo Rp. 5 Juta dan Tanjabtim sebesar Rp 2,5 juta rupiah.

Sementara 6 peserta kontingen lainnya, seperti Kota Jambi dengan menampilkan Permainan Karet, Muaro Jambi, Sundul Kepalo, Sarolangun Begawak Kain Limau, dan Bungo Antu Raung. Lalu Merangin tampil dengan Permainan ketepin artinya menepuk pakai tangan.

Wahyuddin mengatakan, untuk peserta yang belum mendapatkan juara untuk tetap semangat dengan terus berlatih. Karena 9 Kabupaten/Kota yang telah mengirim peserta kontingen pada hari ini akan diupayakan untuk tetap tampil di olahraga tradisional tingkat nasional, pada Juli mendatang di Lapangan Kantor Gubernur Jambi.

"Perlu kami sampaikan kepada kontingen karena kita menjadi tuan rumah olahraga tradisional tingkat nasional, saya akan berusaha dan berupaya kepada seluruh peserta kabupaten kota hari ini yang tampil, untuk kembali menampilkan olahraga tradisional masing masing daerah di tingkat nasional, terus benahi dan berlatih," pintanya.

Selanjutnya juga, kepada seluruh Kepala Dinas Dispora Kabupaten Kota Jambi, Wahyuddin menghimbau agar dapat mengembangkan pontensial olahraga tradisional, karena menurutnya dari keberagaman olahraga tradisional itu menunjukkan bukti Indonesia hebat.

"Terimah kasih atas kerjasama dan dukungan yang baik, dan mohon koreksinya ketika ada yang kurang baik tolong disampaikan. Sehingga menjadi bahan pembelajaran kita kedepan, dengan begitu juga kegiatan olahraga tradisional tingkat Provinsi hari ini resmi saya tutup," pungkasnya.(afm)








loading...