Awas...Peserta Pemilu yang Curi Star Kampanye Terancam Pidana



Selasa, 03 April 2018 | 10:33:57 WIB



JAMBERITA.COM, BUNGO – Panwaslu Kabupaten Bungo memberikan warning kepada peserta pemilu baik partai politik, caleg dan capres serta timnya tidak melakukan curi star kampanye.

Baik itu sosialisasi dalam bentuk iklandi  media massa maupun penyebaran alat peraga seperti spanduk dan baliho.

Ini karena jadwal kampanye sendiri baru dimulai pada September mendatang. Jika membandel, maka bisa terancam terkena pidana pemilu.

Hal tersebut, ditegaskan langsung oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Bungo, Abdul Hamid saat dijumpai diruang kerjanya, Senin (2/4).

“Curi star kampanye atau sosialisasi tersebut merupakan perilaku curang yang secara vulgar memperlihatkan bahwa rendahnya komitmen untuk berkompetisi secara jujur, adil, dan setara,” kata Ketua Panwaslu Bungo, Abdul Hamid.

Menurutnya, setiap pelanggaran yang sengaja dilakukan oleh Partai Politik dan Perseorangan yang ikut Pemilu 2019, maka ada sanksi tegas secara hukum yang akan diberikan pada Partai Politik maupun perseorangan yang ikut Pemilu.

“Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, serta PKPU 5 tahun 2018. Sanksinya jelas bagi Partai Politik maupun perseorangan yang sengaja curi star kampanye maka akan di proses secara hukum serta denda sebesar Rp 12 juta, rupiah,” tegas Hamid.

Oleh karena itu, Hamid mengajak semua Partai Politik maupun Perseorangan yang ikut pemilu agar menghormati serta mentaati aturan yang sudah ada. Karena semua itu ada tahapannya yang sudah diatur dalam PKPU.

“Kampanye maupun sosialisasi partai Politik dan perseorangan sudah boleh dilakukan apabila sudah masuk kepada tahapan yakni, tanggal 23 September hingga 13 April 2019. Maka dari itu mari sama-sama kita menghormati aturan yang sudah ada, ” harapnya.(*)




Tagar:

# Bungo




loading...








Harga Kelapa Sudah Mulai Naik   

Harga Kelapa Sudah Mulai Naik  

Sabtu, 15/12/2018 13:25:57